Rabu, 01 Desember 2021

TP-PKK Kelurahan Wanasari Lolos 6 Besar Tingkat Jawa Barat

PEMERINTAHAN   Oct 22, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.250 Kali


44IMG_20211022_214945.jpg


CIBITUNG - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Wanasari mengikuti penilaian rechecking Program Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test oleh TP-PKK Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung di Kampung Tangguh Jaya RW 18 Perumahan Bekasi Regensi II Kelurahan Wanasari. Kecamatan Cibitung, pada Jum'at, (22/10/21) 

Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan mengatakan, terdapat sejumlah 5 program unggulan yang dilombakan TP-PKK Kelurahan Wanasari mewakili Kabupaten Bekasi. Namun hanya program IVA yang lolos seleksi sampai di enam besar Tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Dengan adanya rechecking dari tim penilai ini dapat meningkatkan kinerja TP-PKK Kelurahan Wanasari terhadap pelayanan untuk masyarakat, khususnya pemeriksaan IVA Test dan juga akan mendapat masukan dari tim TP-PKK Provinsi Jabar," kata Ria.

Ia mengatakan, program Inspeksi Visual Asam atau IVA yang digagas oleh TP-PKK Kelurahan Wanasari ini berkaitan dengan kesehatan para wanita, untuk mengetahui dan mendeteksi lebih dini terhadap gejala penyakit terkait kewanitaan. 

"Metode IVA ini sangat luar biasa karena dapat mendeteksi penyakit kanker serviks lebih dini, sehingga dapat mencegah penularan agar tidak lebih beresiko dan masyarakat bisa lebih peduli terhadap penyakit tersebut dengan melakukan pemeriksaan IVA ini," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris TP-PKK Provisi Jawa Barat Lia Lestari mengatakan, Inovasi IVA ini sangat luar biasa dengan melakukan test dari rumah ke rumah juga bermitra dengan beberapa rumah sakit di Kabupaten Bekasi.

Dirinya berharap TP-PKK Kelurahan Wanasari dapat menginspirasi kader PKK yang lainnya. Program IVA ini membuat inovasi baru untuk mengetahui kesehatan pada area kewanitaan, dan pencapaiannya juga sangat tinggi karena psikotesnya dilakukan door to door.

"TP-PKK Kelurahan Wanasari ini sebagai percontohan di Kabupaten Bekasi maupun di Provinsi Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu Camat Cibitung Encun Sunarto mendukung penuh TP-PKK Kelurahan Wanasari agar bisa mencapai final dalam perlombaan ini.

Encun berharap TP-PKK kelurahan dan desa lainnya dapat menciptakan inovasi-inovasi terbaru agar dapat melanjutkan prestasi Kabupaten Bekasi di tingkat Provinsi. 

"Pemerintah Kecamatan Cibitung terus memonitoring serta mendampingi dan mendukung kegiatan ibu-ibu tim penggerak PKK Kelurahan Wanasari dalam rangka melaksanakan kegiatan IVA test ini," kata dia.

Reporter : Endar Raziq

Editor.    : Yus Ismail

Berita Lainnya

Camat Sukatani : Maulid Nabi Momentum untuk Memperbaiki Diri dan Teladani Sifat Rasulullah
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Mengambil Sumpah/Janji 464 PNS di Lingkungan Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi P4GN
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Rapat Paripurna Penetapan APBD Tahun 2022
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan
PEMERINTAHAN   Nov 29, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik