Rabu, 24 April 2024

Perlancar Konektivitas Wilayah, Pj Bupati Bekasi Resmikan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Metland

PEMERINTAHAN   Mar 2, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 460 Kali


id9234_20240302103125_IMG_7273.jpg
GROUNDBREAKING JEMBATAN METLAND : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Camat Cibitung, Encun Sunarto bersama jajaran PT. Metropolitan Land Tbk, meresmikan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Desa Sukajaya-Wanajaya Kecamatan Cibitung Koridor Utara - Selatan, pada Sabtu (02/03/2024). Foto : Endar Raziq/Newsroom Diskominfosantik.

CIBITUNG - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meresmikan groundbreaking pembangunan jembatan penghubung antara Desa Sukajaya dengan Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung Koridor Utara-Selatan Kabupaten Bekasi, di Kawasan Metland Cikarang, Desa Sukajaya, pada Sabtu (02/03/2024).

Jembatan sepanjang 70 meter tersebut dibangun di atas Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) atas inisiasi dan dukungan dari PT. Metropolitan Land Tbk. (Metland). 

Dani Ramdan mengapresiasi pihak Metland yang turut berkontribusi terhadap rencana dan program pemerintah daerah, sehingga memberikan dampak yang sangat luar biasa dalam mendukung mobilitas maupun konektivitas antar wilayah di koridor utara dan selatan.

"Pembangunan jembatan ini akan menghubungkan Kawasan Metland Cibitung dengan Metland Cikarang, tentu manfaatnya bukan untuk penduduk kawasan perumahan saja tetapi bisa dilalui seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi, karena ini sebagai poros utara dan selatan," ucapnya saat konferensi pers.

Dani Ramdan mengatakan, Pemkab Bekasi juga terus menuntaskan pembangunan jalan dan jembatan di tiap wilayah, baik bagian barat dan timur. Dengan hadirnya jembatan penghubung ini akan mampu menopang infrastruktur yang memadai dan sebagai rintisan untuk menciptakan keseimbangan pembangunan di Kabupaten Bekasi.

Kendati demikian, pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana APBD kabupaten akan melalui proses dan tahapan yang cukup lama. Namun atas kontribusi pihak Metland ini rencana pembangunan bisa berjalan lebih cepat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai konektivitas dan jalur transportasi penghubung antar desa bahkan antar kecamatan.

"Jembatan ini nantinya mendorong pengembangan wilayah yang sebelumnya masih tertinggal terutama di bagian utara, meskipun di utara ada kawasan yang harus dilindungi untuk pertaniannya itu ada di RDTR pemerintah daerah, tetapi untuk kawasan-kawasan di luar pertanian tentu harus kita kembangkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat," ucapnya.

PT. Metropolitan Land Tbk. bukan hanya membangun perumahan saja tetapi telah menyediakan fasilitas stasiun Kereta Commuter Line (KRL), dan fasilitas lainnya serta jalan-jalan pendukung transportasi sehingga mendorong pengembangan wilayah semakin pesat untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Presiden Direktur Metland Cibitung, Anhar Sudrajat mengatakan jembatan penghubung yang dibangun Metland ini akan melintasi dua sungai dan diperkirakan selesai pengerjaannya pada Februari 2025. Pihaknya terus mendukung dan menyelaraskan rencana dengan program pemerintah daerah Kabupaten Bekasi.

"Jembatan Koridor Utara-Selatan ini diperkirakan rampung 1 tahun dari sekarang atau kira-kira Bulan Februari 2025 tahun depan, dengan anggaran yang dikeluarkan sekitar Rp 100 miliar, " terangnya. 

Dengan berdirinya Jembatan CBL di wilayah Desa Sukajaya dan Desa Wanajaya ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mendukung konektivitas demi mengurai arus lalu lintas kendaraan. 

Selain itu pertumbuhan kawasan industri di Kabupaten Bekasi sangat pesat sehingga kebutuhan bidang perumahan juga begitu besar peminatnya dan ini merupakan kewajiban dalam mendukung program Pemkab Bekasi.

"Lokasi jembatan ini sangat strategis hanya ada di Metland, kemudian rencana Pemkab Bekasi kebetulan sama dan kita berfikir kami akan selalu support, tentunya bagi kami akan ada dampak positifnya, tetapi dampak sosialnya bagaimana konektivitasnya dengan stasiun KRL untuk mengurai simpul-simpul kemacetan yang bisa kita kurangi," ujarnya.

Reporter : Endar Raziq

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta Perumda Tirta Bhagasasi Tingkatkan Layanan Air Bersih untuk Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Penari, Puskesmas Sukaindah Targetkan 100 Persen Imunisasi Balita
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pawai Ta'aruf MTQ ke-38 Jawa Barat Bakal Digelar di Central Park Meikarta
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik