Sabtu, 24 Februari 2024

Layanan Botram di Cikarang Selatan, Tuai Pujian Kepala Disdukcapil Jawa Barat

PEMERINTAHAN   Dec 2, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.160 Kali


id8766_Compress_20231202_144418_8559.jpg
Program Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi edisi keempat kembali digelar di Lapangan Perumahan Wahana Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, pada Sabtu (02/12/2023).

CIKARANG SELATAN - Program Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi edisi keempat kembali digelar di Lapangan Perumahan Wahana Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, pada Sabtu (02/12/2023).

Terlihat sejak pagi hari warga sudah memadati stand-stand yang disediakan untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan yang ada. Kegiatan Botram sendiri diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh sejumlah pelajar dan masyarakat sekitar untuk menjaga kebugaran jasmani mengisi waktu diakhir pekan.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan yang hadir di tengah masyarakat bersama sejumlah kepala perangkat daerah terkait lainnya, mengakui antusias pada event Botram ini selalu ramai didatangi masyarakat yang sengaja berkunjung baik untuk mengurus administrasi kependudukan, mengecek kesehatan, atau pelayanan lainnya yang disediakan.

"Alhamdulillah ini tambah ramai, siang begini saja masih penuh, padat, masyarakat bisa terus dilayani sampai sore. Panggungnya juga ramai anak-anak bergantian tampil, UKM ramai, ditambah ada makan bareng, jadi Botram ini secara harfiah juga terwujud. Saya kira, ini semakin hari semakin baik," ungkapnya ditemui usai mengunjungi stand-stand yang berada di sekitar panggung acara.

Dani menyampaikan, ke depan akan berupaya untuk mendorong dinas-dinas serta stakeholder lainnya yang belum bergabung dalam program Botram ini agar bisa berkolaborasi mendekatkan layanan kepada masyarakat serta mengikis paradigma masyarakat bahwa akses pelayanan pemerintahan itu berbelit-belit.

"Butuh proses ya, karena masyarakat juga kan butuh bukti. Jadi semakin sering kita datang, semakin mereka merasakan kemudahan-kemudahan, saya kira nanti stigma negatifnya akan semakin kurang," jawabnya.

Hadir pada kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti, menurutnya program Botram yang diadakan Pemerintah Kabupaten Bekasi ini merupakan langkah kolaboratif yang luar biasa dalam memberikan akses layanan kepada masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kunjungan masyarakat pada kegiatan tersebut.

"Pemberian layanannya pun sudah menggunakan standar yang tertinggi, berkualitas, terbaik, dan terlengkap. One stop service, jadi satu kali berhenti di sini bisa berbagai macam pelayanan publik yang bisa diberikan oleh pemerintah kepada masyarakatnya, saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini yang rencananya di 2024 nanti akan lebih ditingkatkan baik secara frekuensi maupun kualitasnya," terangnya

Ia menambahkan, layanan perekaman KTP elektronik dalam kegiatan Botram ini juga turut membantu masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu mendatang, khususnya partisipasi pemilih pemula. Dimana saat ini terdapat sekitar 8 juta pemilih pemula yang tersebar di sekolah-sekolah lanjutan, pondok pesantren, dan madrasah aliyah.

"Untuk itu tentunya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bekerjasama dengan semua Disdukcapil di Kabupaten dan Kota termasuk di Kabupaten Bekasi saat ini, terus melakukan upaya jemput bola dalam melakukan perekaman KTP Elektronik sehingga masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dan partisipasi pada pemilu serentak tahun 2024 meningkat," jelasnya.

Reporter : Arif Tiarno
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Botram Perdana Tahun 2024 Disambut Antusias Warga Cibarusah
PEMERINTAHAN   Feb 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atasi Kenaikan Harga Beras, Pemkab Bekasi Gelar Operasi Pasar Beras dan Distribusi SPHP
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Layanan Informasi Masyarakat, Diskominfosantik Gelar Sarasehan KIM
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Susun Strategi Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-38
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Ajak Perangkat Daerah Optimalkan Aduan Masyarakat di SP4N LAPOR!
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik