Sabtu, 04 Februari 2023

Waspada Hujan September, BPBD ingatkan Warga Kabupaten Bekasi Siaga Bencana

PEMERINTAHAN   Sep 12, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 437 Kali


id5647_Compress_20220912_194947_7123.jpg
BPBD Kabupaten Bekasi saat menggelar Latihan Simulasi Evakuasi Mandiri Bencana Banjir beberapa waktu lalu. Foto : WULAN MAULIDDA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK

CIKARANG PUSAT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, menyebutkan, meski masih memasuki musim kemarau. Namun, diperkirakan masih berpotensi mengalami cuaca hujan dengan intensitas bervariasi, mulai dari ringan, sedang, bahkan lebat, angin kencang dan disertai petir.

"Kalau melihat intensitas beberapa hari terakhir ini, kita juga sudah melakukan beberapa langkah kewaspadaan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (12/9/2022). 

Sejauh ini, kata dia, intensitas hujan di wilayah Jabodetabek makin tinggi. Dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri menyampaikan, bahwa hujan lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Bekasi. 

Said menyebutkan, upaya BPBD, masih dengan kewaspadaan dan siaga 24 jam untuk memantau perkembangan cuaca hujan yang masih terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Bekasi. 

"Kita juga mempersiapkan segala sesuatu, baik secara internal maupun tim BPBD (Tagana) yang sudah terbentuk di setiap desa, kelurahan kemudian relawan dan yang tergabung dan terkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi," imbuhnya. 

Apabila melihat kalender tahunan, Said menambahkan, perkiraan musim masih dalam perspektif kemarau. Namun, musim penghujan diperkirakan datang lebih awal. Pihaknya mengingatkan agar warga lebih waspada dengan cuaca yang terjadi. 

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Launching Program Gematapas, Kantor Pertanahan Ajak Masyarakat Patok Batas Tanah
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tinjau TPA Burangkeng, Dani Ramdan Buka Dialog dengan Warga
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan Dinsos, Disperkimtan Bantu Rutilahu Warga Miskin Ekstrem
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jalin Sinergi dengan Komunitas Medsos, Diskominfosantik Gelar Ngobak
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
107 Kilometer Jalan Akan Dibangun Pemkab Bekasi di Tahun 2023
PEMERINTAHAN   Feb 2, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik