Senin, 23 Mei 2022

TRADISI LEBARAN

Usai Salat Id, Warga Bojongmangu Berduyun-duyun Nyekar

UMUM   May 2, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 131 Kali


id4697_WhatsApp Image 2022-05-02 at 11.27.42.jpeg
NYEKAR: Salah satu warga peziarah di pemakaman kampung Warudoyong Desa Sukabungah Kecamatan Bojongmangu. FOTO: SONI SUGANDA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI

BOJONGMANGU – Selain bersilaturahmi ke rumah sanak saudara, ziarah ke makam orang tua serta sanak saudara yang telah meninggal dunia merupakan tradisi masyarakat Bojongmangu yang sampai saat ini masih terjaga.

Di hari pertama hari Raya Idul Fitri 1443 hijriah, ratusan masyarakat berduyun-duyun memadati pemakaman-pemakaman yang ada di daerah Kecamatan Bojongmangu.

Seperti di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Warudoyong, Desa Sukabungah, Kecamatan Bojongmangu, pasca pelaksanaan sholat Idul Fitri, secara berangsur pemakaman itu mulai dipadati masyarakat setempat. Sejumlah masyarakat membawa air serta bunga untuk ditabur di atas pemakaman sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Salah satu warga peziarah di pemakaman kampung Warudoyong Desa Sukabungah Kecamatan Bojongmangu, Opih Supriatna, mengatakan tradisi ziarah kubur tersebut biasanya ramai dilakukan mulai dari H+1 sampai dengan H+3 hari raya idul Fitri  berlangsung sejak pagi sampai sore.

“Setiap hari raya Idul Fitri kita ziarah ke kubur ini, tidak hanya dihari raya saja namun sebelum memasuki Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Adha kita juga ziarah. Kebetulan ini makam orang tua saya,” ucapnya.

Tidak banyak ritual yang dilakukan saat berziarah, saat dipemakaman peziarah memanjatkan doa untuk yang sudah meninggal, membaca Surat Yasin serta Tahlil serta membersihkan pemakaman kerabat dan sanak saudara jika terlihat kotor atau banyak semak. (*)

REPORTER : SONI SUGANDA

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Momentum Bangkit Bersama Pulihkan Perekonomian Nasional
UMUM   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atlet Catur Kabupaten Bekasi Kembali Sumbang Medali Emas
UMUM   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PAUD dan TK Diingatkan Agar Tetap Terapkan Prokes
UMUM   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Pelantikan Pengurus Kosgoro 1957
UMUM   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Komitmen Percepatan Penurunan Angka Stunting
UMUM   May 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik