Selasa, 07 Desember 2021

Pemkab Bekasi Launching Posyantek di 23 Kecamatan dan 180 Desa

PEMERINTAHAN   Nov 8, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 161 Kali


id3614_IMG_20211108_200738.jpg


"Posyantek merupakan lembaga kemasyarakatan di tingkat kecamatan dan desa yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi, dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG)"

CIKARANG SELATAN - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi, meminta kepada para Camat dan Kepala Desa untuk segera membentuk kepengurusan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek). 

Herman Hanapi memaparkan, pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG), sebagai upaya optimalisasi sumber daya alam desa, memajukan ekonomi desa, penguatan kapabilitas masyarakat, dan peningkatan partisipasi masyarakat dengan mendorong pembentukan, pengembangan dan penguatan Posyantek.

"Saya minta kepada para Camat dan Kepala Desa, setelah saya launching Kelembagaan Posyantek hari ini, agar segera mengisi kepengurusan Posyantek yang ada di desanya masing-masing," ucap Herman Hanapi, saat melaunching Kelembagaan Posyantek di Hotel Primebiz, Senin (08/11/21).

Dirinya menambahkan, Posyantek merupakan lembaga kemasyarakatan di tingkat kecamatan dan desa yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi, dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG). Oleh karena itu, pemerintah sangat mendukung terbentuknya Posyantek antar desa dan kecamatan. 

"Saya berharap, Posyantek yang terbentuk dapat digunakan sebagai wadah berkumpulnya masyarakat agar dapat berinteraksi untuk menciptakan inovasi-inovasi guna mengakselerasi kemajuan desanya," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, mengatakan, Posyantek ini merupakan salah satu faktor pendorong perubahan, baik di bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat. 

"Dengan adanya TTG dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ida, TTG juga menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup untuk meningkatkan produktivitas dan produksi usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Ida Farida.

Kegiatan pembinaan penguatan organisasi dengan meluncurkan kelembagaan Posyantek di 23 Kecamatan dan 180 Desa di Kabupaten Bekasi ini, bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi Posyantek, sebagai wadah berbagi informasi dan pengalaman, serta memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam pemanfaatan dan penerapan TTG.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Dukung Penuh Keterbukaan Informasi Publik
PEMERINTAHAN   Dec 6, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Pimpin Apel Besar HUT KORPRI, HKN, HGN dan HUT PGRI Tahun 2021
PEMERINTAHAN   Dec 6, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Rakor Peningkatan Tata Kelola Komisi Informasi di Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 6, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Optimis Kabupaten Bekasi Pertahankan Juara P2WKSS Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Minta Perangkat Daerah Maksimalkan Penyerapan APBD
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik