Rabu, 24 April 2024

Kelurahan Wanasari Tambah ‘Mata Elang’ untuk Cegah Kenakalan Remaja dan Gangguan Ketertiban Umum

PEMERINTAHAN   Nov 15, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.008 Kali


id6159_Compress_20221115_095755_5754.jpg


CIBITUNG - Salah satu inovasi dalam memaksimalkan pengawasan keamanan dan ketertiban umum yang diperkenalkan oleh Pemerintah Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung beberapa bulan lalu, terbukti sangat efektif dalam menjaga ketenteraman, keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kelurahan Wanasari.

Lurah Wanasari, Sarkum mengatakan, inovasi Mata Elang dan Command Center dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban umum melalui pemasangan CCTV di sejumlah tempat strategis di ruang lingkup wilayah Kelurahan Wanasari, pada kenyataannya sangat membantu mencegah sekaligus menindaklanjuti gangguan keamanan yang terjadi melalui pemantauan CCTV tersebut.

“Dengan adanya ‘Mata Elang’ ini kita berhasil menindaklanjuti kerumunan remaja yang berkumpul di bawah Underpass Cibitung ditengah maraknya aksi gangster. Jadi pantauan CCTV ini mampu menampilkan situasi dan kondisi terkini setiap saatnya, sehingga proses penindakannya juga jauh lebih cepat,” ucap Sarkum, Selasa (15/11/22).

Sarkum menjelaskan, ketika diketahui adanya kerumunan remaja, dirinya langsung berkomunikasi dengan RW terkait untuk mengambil tindakan pencegahan terjadinya tindak kejahatan maupun kenakalan remaja yang dapat membahayakan warga sekitar. Karena di sisi Flyover Cibitung terdapat 2 Rukun Warga berbeda, maka keduanya langsung bergegas menindaklanjuti dugaan gangguan ketentraman dan ketertiban umum tersebut.

“Jadi setelah itu dari RW yang wilayahnya terdapat gangguan ketenteraman dan ketertiban umum tersebut bersama masyarakat langsung bergegas menutup akses para remaja tersebut sehingga para remaja itu tetap berada di bawah underpass untuk selanjutnya dimintai keterangan dan dilakukan langkah-langkah prosedur yang berlaku,” katanya.

Melihat efektifitas dan manfaat yang sangat berdampak pada keselamatan dan keamanan masyarakatnya, Kelurahan Wanasari baru-baru ini mendapatkan bantuan penambahan kamera pemantau atau CCTV dari pihak swasta yang dipasang di underpass Kelurahan Wanasari untuk menambah jangkauan pemantauan situasi terkini di wilayah Kelurahan Wanasari.

“Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dari semula berjumlah 9 unit, saat ini jumlahnya sebanyak 11 unit. CCTV ini sangat membantu dalam menambah pengawasan keamanan di wilayah Kelurahan Wanasari selain tindakan pengawasan wilayah melalui patroli, sehingga tujuan kita dalam menciptakan Kelurahan Wanasari yang aman, nyaman dan tentram dapa terwujud bagi masyarakatnya,” tambahnya.

Selain menambah pengawasan kemananan dan ketertiban umum, lanjut Sarkum, ‘Mata Elang’ ini juga dimaksudkan untuk mengawasi kegiatan menyimpang masyarakat terhadap lingkungan seperti membuang sampah sembarangan atau membuang sampah ke sungai. Termasuk juga dapat menjadi alat bantu deteksi dini bencana banjir yang bisa saja terjadi.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta Perumda Tirta Bhagasasi Tingkatkan Layanan Air Bersih untuk Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Penari, Puskesmas Sukaindah Targetkan 100 Persen Imunisasi Balita
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pawai Ta'aruf MTQ ke-38 Jawa Barat Bakal Digelar di Central Park Meikarta
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik