Kamis, 08 Desember 2022

Hadapi Resesi Ekonomi, Apindo Dorong Kolaborasi antara UKM dan Industri

EKONOMI   Nov 16, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 193 Kali


id6185_Compress_20221117_193200_0555.jpg
Ketua APINDO Kabupaten Bekasi, Sutomo mengikuti rapat bersama Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Pengangguran Daerah, pada Rabu (16/11/22).

CIKARANG PUSAT – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Sutomo menyampaikan, untuk menghadapi tantangan resesi ekonomi di tahun depan, perlu adanya kolaborasi antara pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan sektor industri. 

“Ya, pada dasarnya hampir di semua kegiatan industri membutuhkan supporting, karena di industri ada karyawan, berarti di sana ada seragamnya, kemudian ada catering dan produk jajanan, termasuk alat tulis kantor yang dapat didukung oleh UKM kita,” ucap Sutomo, seusai mengikuti rapat bersama Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Pengangguran Daerah, di ruang rapat KH. Ma'mun Nawawi, Kantor Bupati Bekasi, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, pada Rabu (16/11/22).

Sutomo menjelaskan, jika hal itu dapat terealisasi, maka para pelaku UKM akan menyerap tenaga kerja lokal, sehingga membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran. Meski begitu, para pelaku UKM harus memenuhi standarisasi produk yang dibutuhkan industri.

“Saya optimistis, peluang kolaborasi antara UKM dengan industri ini sangat besar. Karena industri akan menyambut baik ketika mendapatkan mitra usaha yang bisa saling menguntungkan," ujarnya. 

Dirinya meyakini, ancaman resesi ekonomi di tahun depan dapat dihadapi, apabila terjadi kolaborasi yang baik antara industri dengan para pelaku UKM. 

“Sektor industri di setiap wilayah di Kabupaten Bekasi mempersiapkan semuanya, setidaknya kita sudah bisa memprediksi prediksi, maka yang harus dilakukan industri adalah mempertahankan produktivitas perusahaan," terangnya. 

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Gelar Seminar Nasional, Be-Prof Ajak Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bekasi Berwirausaha
EKONOMI   Dec 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta APJI Kembangkan Penganan Khas Kabupaten Bekasi
EKONOMI   Dec 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Akhir Tahun, Sejumlah Komoditas di Pasar Baru Cikarang Alami Kenaikan
EKONOMI   Nov 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Minta Dekranasda Dorong Tumbuhnya Ekonomi Kreatif
EKONOMI   Nov 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Bantu Budidaya Ikan Lele di Desa Satriajaya
EKONOMI   Nov 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik