Sabtu, 27 November 2021

DPMD Kabupaten Bekasi Bersama Badan Informasi Geospasial akan Petakan Batas Desa

PEMERINTAHAN   May 31, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 712 Kali


20IMG-20210531-WA0097.jpg


CIKARANG PUSAT - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) akan memetakan batas wilayah desa di Kabupaten Bekasi tahun 2021. Peta Batas Desa diyakini dapat mempermudah pengkajian tentang pemekaran desa apabila dirasa perlu.

"Batas wilayah desa di Kabupaten Bekasi hingga saat ini belum ada karena DMPD belum memiliki anggarannya, namun kita telah bekerjasama dan dianggarkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). Sudah ada satu desa yang diperbupkan tentang batas desa, yakni di desa Setia Asih," ucap, Maman Firmansyah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada DPMD, Senin (31/05/21).

Maman mengatakan, peta batas desa nantinya akan menentukan titik koordinat batas wilayah antar desa. Adapun jika nantinya ada polemik yang terjadi terkait batas wilayah desa, maka penyelesaiannya akan dibantu oleh pemerintah daerah.

"Jika nantinya ada polemik atau permasalahan terkait ketersinggungan antar desa, maka akan diselesaikan sebelum nantinya akan dijadikan Perbup Batas Desa. Jika tidak bisa diselesaikan di tingkat desa, maka akan diselesaikan di tingkat Kabupaten," jelasnya.

Selain itu, Peta Batas Desa diyakini dapat mempermudah pengkajian pemekaran desa sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat tentang pemekaran desa.

"Gubernur sangat berantusias terkait pemekaran desa. Peta Batas Desa bisa menjadi pengkajian jika dirasa perlu desa tersebut dilakukan pemekaran dan DPMD Kabupaten Bekasi akan mensupport data prediksi kami tentang perkiraan penambahan (pemekaran-red) desa," ungkapnya.

Reporter : Nurachman Akbar

Editor.     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik