Rabu, 10 Agustus 2022

Anggota DPRD Jabar Syahrir : Perlu Ada Regulasi Stabilkan Harga Sembako

SUARA DEWAN   Jan 13, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 532 Kali


id3997_IMG_20220113_072712.jpg


CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Provinsi Jabar, Syahrir menilai perlu ada regulasi untuk mengatur suplai kebutuhan bahan pokok masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat lokal dulu sebelum keluar daerah. Langkah tersebut bisa menjaga kestabilan harga barang pokok di masyarakat.

“Jadi jangan semuanya dijual keluar daerah agar bisa memenuhi kebutuhan lokal paling sedikit 50 persen dan ini perlu regulasi yang baik,” ujar Syahrir, Rabu (12/01/22).

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jabar itu mencontohkan seperti adanya peternakan di Kabupaten Bekasi dimana hasil produksi ternak sudah sudah diatur untuk penjualannya. 

“Dan memang ada peternak ayam di Kabupaten Bekasi tetapi mereka semua, hasil ternak biasanya sudah dikontrak untuk market pasar yang sudah ditentukan oleh pemodalnya,” katanya.  

Syahrir yakin jika peran para peternak dimaksimalkan untuk kebutuhan lokal, tidak menutup kemungkinan para peternak memiliki peran yang maksimal dalam menstabilkan harga daging pada pasar lokal. 

Lanjutnya, pemerintah pusat juga sangat berperan terutama harus punya regulasi yang berkesinambungan dengan mewajibkan masing-masing kabupaten dan kota agar bisa memenuhin kebutuhan mendasar untuk masyarakatnya.

Tentunya dengan kebijakan yang komprehensif untuk pemenuhan kebutuhan pasar di daerahnya dengan pembatasan kuota penjualan hasil pertanian, ternak dan sayur mayur. 

Dia juga berharap pemerintah dapat merumuskan anggaran yang berpihak kepada petani nelayan dan pelaku wirausaha lokal yang berkelanjutan, berteknologi dan memberi modal usaha. 

“Tujuannya untuk ketahanan pangan dan juga bisa menstabilkan harga-harga sembako dan kebutuhan dasar masyarakatnya,” katanya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Dewan Pendidikan Harus Bisa Selesaikan Problem Pendidikan Kabupaten Bekasi
SUARA DEWAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hendra Cipta Dinata : Kabupaten Bekasi Darurat Narkotika
SUARA DEWAN   Jul 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BN Holik Harapkan IPHI Bersinergi Membangun Kabupaten Bekasi
SUARA DEWAN   Jul 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Komisi IV DPRD Rusdy Haryadi : Dewan Pendidikan Bisa Selesaikan Problem Pendidikan
SUARA DEWAN   Jul 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Salurkan Hewan Kurban, Anggota DPRD Hendra Cipta Dinata Apresiasi Pemkab dalam Antisipasi PMK
SUARA DEWAN   Jul 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik