Selasa, 27 September 2022

Meriahkan Lebaran Yatim DKBB

Lama Dinanti, Pelaku Seni Kabupaten Bekasi Kembali Tampilkan Aksi

KOMUNITAS   Sep 1, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 519 Kali


id5601_Compress_20220901_194611_1865.jpg


CIBITUNG - Setelah hampir dua tahun para pelaku seni di Kabupaten Bekasi tidak bisa manggung karena pandemi Covid-19, kini aktivitas mereka kembali menggeliat. 

Aksi panggung mereka terlihat saat memeriahkan acara Lebaran Yatim yang digelar oleh Dewan Kesenian Kabupaten Bekasi (DKKB) di Lapangan Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Rabu (31/8/2022) malam.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bekasi, Iswandi Ichsan mengakui kegiatan yang dilaksanakan merupakan spontanitas dari para penggiat seni. Hal itu, kata dia, karena para seniman merasa terpanggil. Terlebih, karena pada Bulan Agustus merupakan momen Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT RI ke-77. Maka para seniman pun tidak menyia-nyiakannya.

“Kami seniman tidak bijak jika hanya berpangku tangan. Tiga bulan lalu kami dari 23 kecamatan berkumpul untuk merencanakan event yang kebetulan berbarengan dengan lebaran Yatim ini,” tutur Iswandi. 

Berbekal niat tulus ingin membahagiakan anak yatim, mereka pun menampilkan ekspresi seninya di atas panggung. Meskipun, belum seluruhnya kesenian yang ada di Kabupaten Bekasi ditampilkan karena kuota yang dibatasi. 

Iswandi menyampaikan DKKB ke depan siap untuk menyelenggarakan event besar untuk para seniman Kabupaten Bekasi

“Sebenarnya bagi para pegiat seni, mereka sudah tahu, bahwa kesenian itu adalah profesi. Ada atau tidak ada binaan tetap berjalan," ujarnya. 

Dia menyebutkan, di Kabupaten Bekasi ada, sekitar 500 grup kesenian tradisional. Jumlah itu belum termasuk grup dangdut dan rias pengantin. "Ini potensi yang sangat luar biasa untuk Kabupaten Bekasi," ucapnya. 

Di lokasi yang sama, Kabid Budaya pada Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Reza Nuralam mengapresiasi agenda yang diinisiasi DKKB. Meskipun dilaksanakan secara spontanitas namun bisa berjalan dengan baik. 

“Pemerintah Kabupaten Bekasi sangat mengapresiasi dan diharapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin untuk melestarikan seni budaya Kabupaten Bekasi. Begitupun dengan kegiatan Lebaran Anak Yatim. Ini menjadi tradisi yang harus dilestarikan,” tukasnya.

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

 

Berita Lainnya

Lama Dinanti, Pelaku Seni Kabupaten Bekasi Kembali Tampilkan Aksi
KOMUNITAS   Sep 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Dani Ramdan Berharap IBI Terus Berkontribusi Layani Masyarakat
KOMUNITAS   Aug 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
KNPI Kabupaten Bekasi Buka Posko Mudik di Perbatasan Karawang
KOMUNITAS   Apr 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kurangi Balapan Liar, Kawasan Meikarta Direncanakan Jadi Lokasi Street Race
KOMUNITAS   Jan 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hijaukan Kabupaten Bekasi, Jurnalis Pecinta Alam Tanam Pohon di Situ Rawa Binong
KOMUNITAS   Jan 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik