Selasa, 27 September 2022

PERINGATAN HUT RI KE-77 KECAMATAN CABANGBUNGIN

Hargai Pendahulu, Camat Asep Buchory Undang Keluarga Camat Pertama

FEATURE   Aug 18, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 251 Kali


id5517_WhatsApp Image 2022-08-18 at 07.27.23.jpeg
FOTO BERSAMA: Camat Cabangbungin Asep Buchory berfoto bersama Hj Mariam (93), istri almarhum Camat Cabangbungin pertama Uung Sobarna usai memimpin upacara peringatan HUT RI ke-77 di Lapangan Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya, kecamatan Cabangbungin pada Rabu (17/08/2022). FOTO: ANDI IMANUDIN/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

Suasana haru tampak mewarnai upacara peringatan HUT RI ke-77 di Kecamatan Cabangbungin. Adalah  kehadiran mendiang istri almarhum camat pertama Cabangbungin, Uung Sobarna diupacara itu membuat magnet tersendiri baik bagi peserta maupun masyarakat yang hadir.

ANDI IMANUDIN- Cabangbungin

Ada yang berbeda pada peringatan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan di Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Panitia pelaksana sengaja menghadirkan sosok keluarga Camat Cabangbungin pertama  mendiang Uung Sobarna (1967-1969).

Dengan didorong kursi roda Hj Mariam (93) istri mendiang yang didampingi dua anaknya tampak sabar melayani masyarakat maupun pegawai Kecamatan Cabangbungin yang ingin berfoto dengannya tak ketinggalan foto hitam milik almarhum juga ikut dipampang sebagai bentuk penghormatan.

" Awalnya saya memerintahkan staf saya untuk menggali sejarah tentang Cabangbungin. Akhirnya kami menemukan informasi tentang sejarah kepemimpinan beliau melalui media sosial, lalu kami tindaklanjuti dengan mengundang keluarga beliau untuk bisa hadir pada upacara peringatan HUT RI ke-77 di Kecamatan Cabangbungin," ujar Camat Cabangbungin Asep Buchory usai memimpin upacara peringatan HUT RI ke-77 di Lapangan Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya, kecamatan Cabangbungin pada Rabu (17/08/2022).

Dia mengatakan mendiang Uung Sobarna cukup berjasa dalam membangun dan mengembangkan Kecamatan Cabangbungin hingga maju dan pesat seperti sekarang ini.

“Ini adalah insiatif kami untuk menghadirkan salah satu tokoh yang berjasa pada daerah ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dengan meneladani sikap dan sifat mendiang ketika pertama kali memimpin Kecamatan Cabangbungin,” tambahnya.

Sementara istri mendiang, Hj Mariam (93)  yang didampingi oleh dua orang anaknya menceritakan perjuangan seorang Uung Sobarna, menjadikan Kecamatan Cabangbungin tersebut menjadi daerah pertanian yang produktif, ditengah segala keterbatasan pada saat itu.

"Dulu kantor kecamatan lokasinya berdekatan dengan Sungai Citarum, yang menjadi sarana transportasi penting pada saat itu, " kata perempuan logat Sunda yang kental ini.

Dikatakannya jalan raya tidak seperti sekarang, orang dulu bilangnya gili-gili atau berupa tanah tanggul, dan penerangan pun terbatas, masih berupa lampu tempel dan petromax.

“Tetapi sekarang alhamdulillahi kemajuan Cabangbungin sangat pesat," tambahnya dengan mata yang berkaca.

Ada saat-saat berkesan yang juga diceritakan perempuan 8 anak tersebut sambil tersenyum lepas. Menceritakan kondisi Cabangbungin dahulu.

"Dulu bapak punya motor bermesin dua tak, kalau bapak naik motor menimbulkan asap  yang cukup tebal dan banyak warga yang keluar ke jalan hanya untuk menghirup asap dari knalpot motor bapak," kenangnya.(*)

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Hargai Pendahulu, Camat Asep Buchory Undang Keluarga Camat Pertama
FEATURE   Aug 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lewati Proses Panjang, Bangga Usai Sukses Bertugas
FEATURE   Aug 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Modifikasi Bajaj untuk Jualan, Sediakan Makanan dan Tempat Istirahat
FEATURE   Apr 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Manfaatkan Momen Lebaran, Tambah Penghasilan Bantu Warga Dapatkan Uang Recehan Baru
FEATURE   Apr 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Anak Pesisir Muaragembong, Dilatih Berburu dan Bertahan Hidup di Air
FEATURE   Jan 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik