Selasa, 18 Juni 2024

280 Pelajar SMP Negeri 1 Cabangbungin Ikuti Ujian Sekolah Tingkat Akhir

PENDIDIKAN   May 10, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 860 Kali


id7188_WhatsApp Image 2023-05-10 at 16.44.58-min.jpeg
UJIAN : Sebanyak 280 peserta didik kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cabangbungin mengikuti Ujian Sekolah (US) tahun ajaran 2023/2024.

CABANGBUNGIN - Sebanyak 280 peserta didik kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cabangbungin mengikuti Ujian Sekolah (US) tahun ajaran 2023/2024. Ujian Sekolah ini dimulai sejak hari Senin tanggal 08 Mei hingga 13 Mei 2023.

Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Cabangbungin, Tamrin mengatakan, Ujian Sekolah dilaksanakan dengan sistem berbasis offline atau tatap muka dengan menggunakan alat tulis dan kertas dalam pengisiannya.

"Pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah (US) tahun ini pada SMPN 1 Cabangbungin menggunakan metode full luring (tatap muka), artinya siswa datang ke sekolah langsung dan mengerjakan soal yang telah disiapkan panitia," ujar Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Cabangbungin saat dijumpai di ruangannya pada Rabu (10/05/2023).

Tamrin menambahkan, dalam pelaksanaan Ujian Sekolah, pihaknya telah mempersiapkan segalanya mulai dari ruang kelas, jadwal ujian, hingga soal ujian dan lainnya. Jelas dia, terdapat 12 ruang kelas yang disediakan dan masing-masing ruang kelas diisi sebanyak 20 pelajar.

"Kemudian sekolah sudah menyiapkan ruangannya dan jadwal juga sudah kita bikin, jadi siswa tinggal kerjakan soal sesuai dengan harinya. Satu kelas itu dirata-ratakan sebanyak 20 peserta didik dari 12 kelas yang telah kami siapkan," tambahnya.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan Ujian Sekolah ini dibagi menjadi 2 kegiatan yakni Ujian Tulis dan Ujian Susulan. Selain itu, untuk pengawas ujian sendiri merupakan pengawas dari internal sekolah itu sendiri yang melakukan pengawasan terhadap peserta didiknya.

"Pelaksanaan ujian ini dibagi menjadi 2 kegiatan yang pertama, namanya ujian tulis utama yang dimulai pada tanggal 8 - 13 Mei dan seminggu kemudian mulai tanggal 15 - 22 Mei kita melaksanakan kegiatan ujian susulan," jelasnya.

Dia menuturkan, Ujian Sekolah saat ini merupakan syarat kelulusan karena merupakan pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah ditiadakan atau dihapus oleh pemerintah pusat.

"Ujian Sekolah itu merupakan penentuan kelulusan artinya, ini bukan faktor satu-satunya karena ada faktor penentu lainnya yaitu dari nilai rapot siswa yang nanti dipadukan dengan nilai ujian sekolah layak atau tidak mereka ini lulus," tuturnya.

Dia menghimbau, kepada seluruh peserta didik agar tidak lupa belajar, menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan menjaga pola tidur yang teratur. Lanjut dia, pastikan ketika mengisi soal agar dibaca terlebih dahulu dan teliti dalam pengisiannya.

"Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, jangan sampai banyak waktu yang terbuang akibat mengisi soal yang asal-asalan dan ini akan fatal akibatnya jika kita tidak menggunakan waktu dengan baik," tandasnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Edukasi Bahaya Narkoba, BNK Bekasi Kunjungi YPIT Al-Luthfah Cikarang Selatan
PENDIDIKAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi Resmi Jadi Ormas Terdaftar di Kesbangpol
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Pelepasan dan Wisuda Santri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Cikarang
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Resmi Luncurkan Fitur PPDB Online Lewat Aplikasi Bebunge
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Warga Sekitar dan Kurang Mampu, Pemkab Bekasi Tambah Kuota Zonasi PPDB Jadi 80 Persen
PENDIDIKAN   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik