Sabtu, 27 November 2021

Tangani Covid-19, DPMD Minta Masyarakat Bangun Semangat Gotong Royong

COVID - 19   Jun 23, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 796 Kali


25IMG_20210623_121242.jpg


CIKARANG PUSAT - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi menilai harus ada kebersamaan dalam menangani kasus baru penambahan Covid-19. Salah satunya yang bisa dilakukan yaitu membangun pola gotong-royong di tengah masyarakat.

'Kita bisa membangun pola gotong royong untuk menangani lonjakan Covid-19 ini," jelas Kepala DPMD Kabupaten Bekasi, Ida Farida saat menghadiri acara rapat koordinasi dengan camat di gedung bupati pada Selasa (22/06).

Ida menjelaskan, pola gotong royong bisa diterapkan pada tingkat pemerintahan Rukun Tangga atau RT yaitu saling peduli. Jika ada salah satu warga yang terpapar Corona, masyarakat setempat bisa dengan gotong-royong membantu warga tersebut.

"Kalau kita selalu mengandalkan pemerintah, beban anggaran pemerintah untuk penangan Covid ini sudah luar biasa. Kita harus terapkan pola gotong-royong, bantu masyarakat yang terpapar Covid, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan," jelasnya. 

Ida mengatakan, yang terpenting bagi masyarakat yang terpapar bisa melakukan isolasi dan ditempatkan sesuai dengan standar prokes.

Penerapan pola gotong-royong itu juga sangat penting, mengingat ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit mulai menipis. Masyarakat ditingkat RT, bisa saling menolong untuk membantu isolasi mandiri. Bahkan bisa memenuhi ketersediaan tabung oksigen bagi pasien Covid yang membutuhkan. 

Ida mengatakan, DPMD Kabupaten Bekasi telah mengirimkan surat edaran ke RT dan RW untuk penanganan penyebaran virus corona ini. Bahkan, katanya, dalam surat tersebut sudah dijelaskan sedetil mungkin penanganan yang bisa dilakukan RT jika ada warganya yang terpapar Covid-19. 

"Kita sudah sampaikan ke RT dan RW, kita buat dengan bahasa yang mudah dicerna. Jadi fungsi dari RT itu ya bisa melakukan pengawasan dan penerapan disiplin protokol kesehatannya,”katanya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor.    : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Vaksinasi Desa Sukadami Capai 95 Persen
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Amankan PTM, Pemkab Bekasi Gelar Tes Acak Covid-19 di Sekolah
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Aturan Masuk Tempat Wisata dan Mal Saat PPKM Level 3 Nataru 2022
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Penerapan PPKM Level 3 Saat Libur Nataru
COVID - 19   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Covid-19 Mereda, Puskesmas Cikarang Utara Tetap Siaga
COVID - 19   Nov 18, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik