Senin, 27 Mei 2024

Puskesmas Kelurahan Wanasari Targetkan 15.150 Balita di PIN Polio Tahap II

PEMERINTAHAN   May 23, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 609 Kali


id7271_WhatsApp Image 2023-05-22 at 15.20.16.jpeg
PIN : Puskesmas Kelurahan Wanasari siap mensukseskan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dalam putaran kedua yang berlangsung mulai tanggal 22 sampai 31 Mei 2023. Ditarget capaian pemberian imunisasi polio sebanyak 15.150 anak balita atau sekitar 95 persen.

CIBITUNG - Puskesmas Kelurahan Wanasari siap mensukseskan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dalam putaran kedua yang berlangsung mulai tanggal 22 sampai 31 Mei 2023. Ditarget capaian pemberian imunisasi polio sebanyak 15.150 anak balita atau sekitar 95 persen.

Kepala Puskesmas Kelurahan Wanasari dr. Kristina Ginting mengatakan, dalam Sub PIN polio putaran pertama pihaknya berhasil mencapai target sebesar 80,1 persen atau sebanyak 12.000 balita, mengingat pada putaran pertama lalu pelaksanannya berlangsung pada bulan Ramadan menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri.

"Sub PIN polio pertama sebagian besar masyarakat banyak sudah pulang kampung terlebih dahulu, dan untuk putaran kedua ini kami lihat sudah banyak yang kembali ke wilayah Kabupaten Bekasi khususnya masyarakat yang memiliki anak balita yang bertempat tinggal di Kelurahan Wanasari ini," ujarnya saat meninjau pelaksanaan imunisasi polio di Posyandu Sari Kemuning 1, yang berada di RW 18 Perumahan Bekasi Regensi II pada Senin, (22/05/2023).

dr. Kristina Ginting menjelaskan, di wilayah Puskesmas Kelurahan Wanasari terdapat sebanyak 92 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang tersebar diberbagai permukiman penduduk, kemudian dalam pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pihaknya berkolaborasi dengan kader-kader tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau (TP-PKK) maupun para kader Posyandu.

"Oleh karena itu kami berusaha bekerjasama dengan seluruh lintas sektor baik dari kader pkk, kader posyandu maupun aparat RT/RW kemudian juga melibatkan bidan praktek dan klinik swasta kami juga menurunkan petugas dari puskesmas," ujar Kepala Puskesmas Wanasari.

Pihaknya menargetkan Sub PIN putaran kedua bisa mencapai 95 persen dengan jumlah balita sejumlah 15.150 anak yang terimunisasi, tentu para balita yang mengikuti polio ini dengan kondisi sehat tidak mengalami diare maupun kondisi tubuh bersuhu tinggi, dirinya menghimbau para ibu yang memiliki balita bisa datang langsung ke posyandu terdekat di wilayahnya masing-masing.

"Sub PIN polio putaran kedua dilakukan mulai tanggal 22 Mei sampai 31 Mei 2023 jadi untuk wilayah kerja puskesmas wanasari dengan sasaran sebanyak 15.150 balita dengan target pencapaian 95 persen, para ibu bisa datang ke posyandu untuk bisa mendapatkan tetesan polio oral kepada balitanya sebanyak 2 kali tetes," pungkasnya.

Kepala Puskesmas Kelurahan Wanasari menambahkan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mensukseskan pelaksanaan Sub PIN polio tingkat Kabupaten Bekasi, dan menjelang putaran kedua ini pihaknya melakukan pertemuan lintas sektor sehingga strategi dalam penyelenggaraannya bisa lebih menyeluruh, dimana imunisasi polio merupakan program nasional dari pemerintah pusat.

"Ibu-ibu yang mempunyai anak balita jangan merasa takut karena imunisasi polio ini tanpa efek samping, oleh karena itu tidak ada alasan kita para ibu menolak anaknya mengikuti imunisasi Sub PIN polio, mari kita berikan yang terbaik buat anak-anak agar balita sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya,” tandasnya.

Reporter : Endar Raziq

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Pelantikan 561 PPS, Dani Ramdan Tekankan Profesionalitas Kerja dan Jaga Marwah Pilkada 2024
PEMERINTAHAN   May 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Kesejahteraan Petani dan UMKM, Dani Ramdan Sambut Antusias Acara Pasar Pasisian Leuweung
PEMERINTAHAN   May 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bey Macmudin Serahkan SK Perpanjangan Pj Bupati Bekasi kepada Dani Ramdan
PEMERINTAHAN   May 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atasi Stunting, Dani Ramdan : Optimalkan Peran Serta Pentahelix di Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   May 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Stunting, Puskesmas Pebayuran Siapkan Inovasi Unggulan Sambel Lada
PEMERINTAHAN   May 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik