Rabu, 10 Agustus 2022

Semangat Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Berlanjut di Sukawangi

DESAKU   Jul 8, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 122 Kali


id5145_Compress_20220708_230610_0654.jpg


SUKAWANGI – Pemerintah Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi melaksanakan kegiatan bersih-bersih dalam rangka “Lomba Kampung Bersih Makin Berani” yang digelar wilayahnya, pada Jumat (08/07/2022).

Sekertaris Desa (Sekdes) Sukaringin, Markim mengatakan, pihaknya bersama dengan masyarakat sekitar melakukan aksi bersih-bersih sampah, drainase dan rumput liar di pinggir jalan,

“Kegiatan hari ini sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan mensukseskan Lomba Kampung Bersih Makin Berani. Alhamdulillah, masyarakat cukup antusias, terutama membersihkan jalan-jalan lingkungan dari sampah, rumput liar dan mem drainase supaya aliran air lancar,” katanya.

Markim menambahkan, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di wilayahnya sangat tinggi. Seluruh masyarakat Sukaringin di rumahnya memiliki tempat pembuangan sampah sendiri, sehingga hal itu membuat lingkungannya menjadi bersih dan sehat.

“Tidak hanya ketika ada lomba saja, tapi kami Pemdes sudah mempunyai program kerja bakti setiap bulannya, dengan tujuan untuk menggerakkan kesadaran masyarakat Sukaringin terhadap kebersihan lingkungan,” tambahnya.

Sedangkan mengenai tumpukan sampah yang ada di Jalan Raya Sukatenang-Sukaringin, dirinya mengungkapkan, itu merupakan tumpukan sampah yang dibuang oleh masyarakat di luar desanya.

“Sampah yang ada di pinggir jalan raya Sukatenang-Sukaringin ini merupakan sampah rumah tangga yang dibuang secara sengaja oleh warga desa lain, karena hampir semua tumpukan sampah ini sudah dalam keadaan diikat dengan kantong plastik,” ungkap Markim.

Markim juga mengimbau kepada masyarakat dari luar Desa Sukaringin untuk sama-sama menjaga lingkung, dengan tidak membuang sampah sembarang.

Sementara itu Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukawangi, Amo Katmojo mengatakan, kegiatan Lomba Kampung Bersih Makin Berani ini merupakan program yang bisa mendorong semangat masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

"Mengingat membersihkan lingkungan merupakan kewajiban bersama seluruh warga, karena manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada semua desa di wilayahnya, untuk terus melanjutkan kegiatan bersih-bersih, walaupun perlombaan sudah usai. 

"Karena lingkungan yang bersih, akan berdampak terhadap kesehatan dan kenyamanan warga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," terangnya.

Reporter : Ike Sopiah

Editor     : Yus Ismail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Desa Sukabungah Hadirkan Inovasi Taman Kawung Luwuk
DESAKU   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Desa Sukabungah Giatkan Jumat Bersih
DESAKU   Jul 15, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Semangat Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Berlanjut di Sukawangi
DESAKU   Jul 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Pelayanan Publik, Kelurahan Kebalen Luncurkan Inovasi Night Public Service
DESAKU   Jul 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes dan BPD Sukamukti Gelar Musdes Susun RKPDes Tahun 2023
DESAKU   Jun 23, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik