Sabtu, 24 Februari 2024

Pemkab Bekasi Berikan Penghargaan kepada Wajib Pajak atas Peran Aktifnya Meningkatkan PAD Kabupaten Bekasi Tahun 2023

PEMERINTAHAN   Dec 1, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 465 Kali


id8763_WhatsApp Image 2023-12-01 at 19.59.29.jpeg
PENGHARGAAN : Sekertaris daerah (sekda) kabupaten bekasi dedy supriyadi memberikan penghargaan kepada pengelolaan PBB -2 Tingkat kecamatan, kelurahan dan de sa tahun 2023 dan dan meresmikan aplikasi sapa bekasi ( sistem aplikasi pajak badan pendapat daerah kabupaten bekasi ) di ballroom hotel holiday Inn Jababeka (1/12/2023). foto Bayu Aji

CIKARANG SELATAN – Pemkab Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Pemberian Penghargaan Pengelolaan PBB-2 Tingkat Kecamatan, Kelurahan, dan Desa Tahun 2023, yang berlangsung di Hotel Holiday Inn Jababeka Cikarang pada Jum'at (01/12/2023).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi yang diberikan Pemkab Bekasi kepada wajib pajak, badan usaha, dan perorangan. Mereka telah berperan aktif dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bekasi tahun 2023.

"Kegiatan ini juga dalam rangka memperkuat sinergitas dan koordinasi bersama di antara Pemda Bekasi dengan pelaku usaha, pelaku industri, lembaga masyarakat dan BJB dalam rangka mengkomunikasikan kebijakan yang mendukung penguatan dan optimalisasi PAD Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Sekda Dedy Supriadi menambahkan, untuk mendukung peningkatan PAD guna mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang termaksud dalam UU HKPD, Pemkab Bekasi juga melakukan optimalisasi potensi pendapatan daerah dari pajak daerah dan retribusi daerah yang masih tersebar luas.

"Intervensi yang dilakukan baik dari sisi kebijakan pajak daerah yang dilakukan dengan instrumen peningkatan tarif pajak tertentu, perluasan objek pajak serta option pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) sehingga mendorong sinergi pungutan. Juga dari sisi administrasi pajak dengan berkolaborasi antara Pemerintah Pusat, memberi supervisi mengenai modernisasi administrasi pajak daerah, serta pengembangan kompetensi SDM perpajakan daerah," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi Ani Gustini mengatakan jika penghargaan tersebut diberikan kepada wajib pajak yang memiliki kepatuhan tinggi dalam perpajakan. Baik mengenai taat waktu dan taat jumlah pembayaran pajaknya.

"Alhamdulillah di tahun 2023 ini kita ada lima Kepala Desa dan Kelurahan yang sudah menerima penghargaan kategori penerimaan pajak diatas RP 5 miliar ke bawah dan ada yang Rp 5 miliar sampai RP 10 miliar dan lebih, juga ada 34 perusahaan di Kabupaten Bekasi yang taat pajak dan targetnya cukup besar untuk meningkatkan PAD Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Ani berharap, agar kedepannya para wajib pajak dapat termotivasi dan menumbuhkan kesadaran untuk taat membayar pajak. Bagaimanapun pajak dapat mendukung peningkatan PAD yang tentunya bertujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan yang lebih baik lagi di Kabupaten Bekasi.

"Harapan kami masyarakat dapat turut berpartisipasi mendukung pembangunan daerah melalui ketaatan pajak ini. Mudah-mudahan di tahun 2023 ini kita dapat mencapat target yang telah ditetapkan," tutupnya.

Reporter : Arif Tiarno

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Botram Perdana Tahun 2024 Disambut Antusias Warga Cibarusah
PEMERINTAHAN   Feb 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atasi Kenaikan Harga Beras, Pemkab Bekasi Gelar Operasi Pasar Beras dan Distribusi SPHP
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Layanan Informasi Masyarakat, Diskominfosantik Gelar Sarasehan KIM
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Susun Strategi Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-38
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Ajak Perangkat Daerah Optimalkan Aduan Masyarakat di SP4N LAPOR!
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik