Minggu, 09 November 2025

Layanan Adminduk Serang Baru Datangi Rumah Warga Disabilitas

UMUM   Oct 10, 2025  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 211 Kali


id12320_WhatsApp Image 2025-10-10 at 16.20.17.jpeg
PELAYANAN : Petugas Administrasi Kependudukan (Adminduk) Kecamatan Serang Baru melalui Unit Pelayanan Disdukcapil melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman KTP elektronik bagi warga disabilitas di Desa Jayamulya, Kecamatan Serang Baru. foto : Arif Tiarno

SERANG BARU – Petugas Administrasi Kependudukan (Adminduk) Kecamatan Serang Baru melalui Unit Pelayanan Disdukcapil melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman KTP elektronik bagi warga disabilitas di Desa Jayamulya, Kecamatan Serang Baru.

Kanit Disdukcapil Serang Baru, Euis Darayati mengatakan, pelayanan ini dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) terkait adanya warga disabilitas yang belum memiliki dokumen kependudukan.

“Tiga warga yang kami datangi adalah Piah, warga Kampung Cikarang yang mengalami keterbatasan fisik dan tidak bisa berjalan, serta Farhan Maulana dan Egi Maulana dari Kampung Sampora yang juga disabilitas dan tidak dapat berjalan maupun berbicara,” ujarnya, pada Jum'at (10/08/2025).

Setelah informasi diterima, tim langsung bergerak menuju lokasi dengan membawa peralatan perekaman e-KTP lengkap.

“Alhamdulillah perekaman sudah dilakukan. Ibu Piah bahkan terlihat sangat senang dan mengucapkan terima kasih karena sebentar lagi akan memiliki KTP,” tambahnya.

Euis menjelaskan, pelayanan jemput bola ini merupakan komitmen adminduk Kecamatan Serang Baru dalam memastikan seluruh warga, termasuk lansia, sakit, dan penyandang disabilitas, tetap mendapat hak administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor.

“Saat minggon kami selalu sampaikan ke desa, jika ada warga yang tidak mampu datang karena kondisi kesehatan atau disabilitas, silakan lapor. Kami dengan senang hati akan datang langsung. Bahkan untuk akta kematian pun, apabila ada yang melaporkan, kami siap mengambil dan mengantarkan dokumen ke rumah warga,” tuturnya.

Selain melakukan perekaman, petugas juga mencatat kebutuhan kursi roda bagi Farhan Maulana dan Egi Maulana, agar bisa diajukan melalui jalur layanan sosial.

Melalui kegiatan ini, Adminduk Serang Baru menegaskan komitmennya menghadirkan pelayanan yang inklusif, responsif, dan humanis bagi seluruh lapisan masyarakat.

Reporter : Arif Tiarno

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

KLHK dan DLH Kabupaten Bekasi Gelar Aksi Jumat Bersih di Cikarang Selatan
UMUM   Nov 7, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tangani Banjir Kali Cikarang, URC DLH Bekasi Angkut Sampah dan Terjunkan Alat Berat
UMUM   Nov 5, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dukung Pemecahan Rekor Muri HUT Arsada ke-25, RSUD Cabangbungin Ikut Aksi Donor Darah Nasional
UMUM   Nov 3, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Sekda Bekasi Ajak ASN Jadi Agen Perubahan Lingkungan dan Kolaborasi Hadapi Banjir
UMUM   Nov 3, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
DLH Kabupaten Bekasi Gelar Aksi Jumat Bersih, Angkut Sampah Liar di Sukatani
UMUM   Oct 31, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik