Senin, 30 Januari 2023

Inovasi Kantah Kabupaten Bekasi Berpotensi Diadopsi Pusat

PEMERINTAHAN   Sep 14, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 577 Kali


id5658_WhatsApp Image 2022-09-13 at 15.31.46 (1).jpeg
BERIBINCANG: Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, Hiskia Simarmata (Tengah) berbincang hangat dengan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan. FOTO: NURACHMAN AKBAR/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

CIKARANG SELATAN – Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, terus berupaya melahirkan gagasan dan inovasi baru terkait dengan pelayanan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi di bidang pertanahan.

“Tadi kita sudah paparkan inovasi-inovasi yang kita gagas dihadapan Pak Dirjen Hak dan Pendaftaran Tanah, Pak Suyus Windayana dan Pak Kakanwil Jabar, Dalu Agung Darmawan dan seluruh Kakan se-Jabar. Bahkan inovasi-inovasi bakal diajukan Pak Dirjen ke pusat. Ini berarti pusat pun mengakui masih ada kekurangan dan tugas kepala kantor adalah merumuskan itu dan mencari solusinya,” ucap Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, Hiskia Simarmata.

Adapun inovasi yang telah dikembangkan dan diterapkan Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi diantaranya, Layanan Mandiri Pintar Online (Lampion) yang memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dari rumah,  (Pelataran) yang memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan pertanahan pada hari libur akhir pekan, Pelayanan Spesial pada Hari Besar, hingga Pelayanan Drive Thru yang rencananya akan diresmikan oleh Menteri ATR/BPN.

“Aplikasi Lampion adalah terobosan baru agar bisa distandarisasikan oleh pusat seperti sistem kendali akta (SISKA). Dari Lampion ini kita bisa melihat keaslian dokumen karena sistemnya sudah kita kendalikan melalui aplikasi sehingga bagi kami penerapan aplikasi ini sangat bermanfaat dalam membantu kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi,” katanya.

Selain itu, untuk capaian target Hiskia mengaku optimis target PTSL Kabupaten Bekasi dapat terealisasi seluruhnya sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Berdasarkan data terkini, progres PTSL di Kabupaten Bekasi sudah mencapai 90 persen dan masih terus meningkat.

“Tahun lalu kita sudah buktikan dengan target yang jauh lebih besar kita bisa capai 100 persen. Seperti sekarang dari target sebesar 40 ribu lebih sertifikat, kami sudah mencapai 38 ribu lebih hanya tinggal 1.000 sekian lagi. Kita optimis ini pasti selesai karena saat ini baru bulan 9 masih ada 3 bulan lagi untuk mencapai targetnya,” terangnya. (*)

REPORTER: NURACHMAN AKBAR

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Resolusi Penanganan Sampah Ala Dani Ramdan, Dari Strategi Hingga Datangkan Nilai Ekonomi
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dampingi Wagub Jabar Hadiri Syukuran Nelayan 6 Muara
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muskab Korpri, Pj. Bupati Bekasi Tekankan Profesionalitas Pegawai
PEMERINTAHAN   Jan 28, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Jababeka Bangun KEK Pendidikan dan Teknologi
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadir di Podcast Makin Berani, Dani Ramdan Ungkap Over Target PAD dan Naiknya Serapan Anggaran
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik