Kamis, 18 Agustus 2022

Dorong Kreatifitas, DPMD Adakan Lomba Teknologi Tepat Guna

PEMERINTAHAN   Jul 15, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.722 Kali


id5196_WhatsApp Image 2022-07-14 at 16.48.44.jpeg
LOMBA TTG: Kepala Dinas PMD, Ida Farida saat membuka lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2022 yang dilaksanakan di Primebiz Hotel, Kecamatan Cikarang Selatan, yang diikuti oleh dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi pada Kamis, (14/7/2022).FOTO: SONI SUGANDA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK

CIKARANG SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  mengelar  lomba Teknologi Tepat Guna (TTG)  tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2022 yang dilaksanakan di Primebiz Hotel, Kecamatan Cikarang selatan, yang diikuti oleh dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi pada Kamis, (14/7/2022).

Kepala Dinas PMD, Ida Farida menjelaskan, tujuan lomba TTG ini adalah mendorong kreativitas dan inovasi di masyarakat, sehingga muncul inovasi-inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat, dan juga mampu menghasilkan teknologi yang berkualitas.

"Kegiatan lomba TTG ini sudah kami lakukan di tingkat kecamatan, Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, cari tahu inovasi - inovasi yang berkembang  di setiap desa, baik itu dari sektor pertanian, perkebunan dan lain sebagainya, mereka betul-betul ada dan bisa mengembangkan  inovasinya untuk kemajuan di desanya, untuk peningkatan produkltifitas dan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan pemanfaatan TTG menuju keunggulan kompetitif daerah," ujarnya.

Ida, juga mengatakan, dari hasil lomba TTG tingkat kabupaten ini yang terbaik akan dikirimkan ke lomba TTG tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Dan disini kami lakukan kegiatan untuk pemilihan, kami lombakan, dan nanti kita harapkan ada yang terbaik, dan kita mitrakan juga, karna dari hasil-hasil pengembangan mereka juga jangan sampai putus di tengah jalan, dan untuk juri nya kami, udang dari provinsi, akademisi, dan dari kementrian, adapun aspek yang dinilai ada beberapa yaitu, nilai inovasi dan modifikasi, kegunaan dan manfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Ida, juga berharap dengan diadakannya kegiatan lomba TTG, dapat memilih inovasi atau terobosan-terobosan yang terbaik yang bisa di jadikan  untuk role model pengembangan di kabupaten Bekasi.

"Nantinya yang terpilih menjadi yang terbaik akan di jadikan role model yang  akan diikuti oleh kecamatan - kecamatan maupun desa yang ada di Kabupaten Bekasi sesuai dengan resources yang diperlukannya untuk dikembangkan, dibudidayakan, kemudian di tingkatkan  di masing-masing wilayahnya," ujarnya.

Sementara itu, Kapala Bidang Kelembagaan Desa pada DPMD Kabupaten Bekasi, Mien Aminah menjelaskan, Lomba TTG tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022 dengan tema, Teknologi Tepat Guna kita optimalkan untuk mendukung ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi desa.

"Kegiatan lomba TTG bertujuan untuk, memfasilitasi masyarakat dalam wadah Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek), agar dapat menampilkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya masing-masing, dan kegiatan ini untuk mendapatkan kandidat yang terbaik dari seluruh peserta lomba TTG tingkat Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

REPORTER : SONI SUGANDA

EDITOR      : TATA JAELANI

Berita Lainnya

Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Karnaval Kendaraan Hias dan Helaran Kecamatan
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibitung Minta Warga Berperan Dalam Pemulihan Ekonomi
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Bojongmangu Minta Masyarakat Berperan Membangun Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Tamsel Berpesan Jangan Kotori Kemerdekaan dengan Egoisme Golongan
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Dani Ramdan Serahkan SK Remisi Bagi Warga Binaan Lapas Cikarang
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik