Sabtu, 26 November 2022

Dinas Pariwisata Percepat Pengembangan Wisata Industri di Kabupaten Bekasi

PEMERINTAHAN   Oct 7, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 295 Kali


id5862_Compress_20221007_144943_3799.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna, memimpin rapat kerja percepatan pengembangan wisata Industri, di Kantor Dinas Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, pada Jumat (07/10/2022)

CIKARANG TIMUR - Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi akan mempercepat pengembangan Wisata Industri sebagai destinasi wisata unggulan untuk masyarakat lokal dan luar daerah. 

Analis Kebijakan Bidang SDM pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Waryanto mengemukakan, arah pengembangan wisata industri nantinya dapat bermanfaat untuk warga desa di sekitar kawasan industri. Mereka bisa ikut menampilkan kreatifitas seni khas Kabupaten Bekasi maupun produk hand made ekonomi kreatif warga sekitar.

"Kita membangun strategi konsep wisata Industri, melalui kerjasama dan pendekatan dengan perusahaan dan semua pihak. Tidak kalah penting keterlibatan masyarakat sekitar industri, pelaku ekonomi kreatif dalam menyambut berjalannya wisata Industri," terang Waryanto usai Rapat Kerja pengembangan dan percepatan pelaksanaan wisata Industri, di Kantor Dinas Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, pada Jumat (07/10/2022)

Wisata Industri, jelas Waryanto, akan menyasar kepada para pelajar, mahasiswa, peneliti, komunitas, dan masyarakat umum, bahkan wisatawan dari luar daerah. 

"Tentu saja kita mengajak masyarakat untuk sama-sama mempromosikan wisata Industri yang sedang kita giatkan. Nanti masyarakat sekitar juga bisa berjualan, kuliner dan oleh-oleh sebagai penghasilan rutin mereka, atau membuat atraksi kearifan lokal, ini bisa didorong juga oleh pemerintah desa sekitar sebagai sumber penghasilan," lanjutnya.

Waryanto menuturkan, di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Pariwisata, Iyan Priyatna, wisata Industri akan difokuskan karena memang Industri adalah potensi unggulan yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Sejalan dengan itu Pak Pj Bupati Dani Ramdan berpesan agar wisata Industri segera dijalankan, mengingat banyaknya peminat wisatawan yang akan berkunjung ke wisata Industri ini," tegasnya.

Pihak Industri juga akan mendapat apresiasi atau reward bagi yang ikut mengembangkan wisata ini, seperti diberikan kesempatan mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjadi Tour Guide.

"Beberapa karyawan yang menjadi tour guide disertifikasi profesi dan kita fasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi," terangnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Instruksikan BPBD Kabupaten Bekasi Tangani Maksimal Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Di HUT Korpri Ke-51, Pj Bupati Bekasi Berharap Budayakan Jalan Sehat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat se-Kabupaten Bekasi Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disnaker Dorong LPK Berikan Pelatihan dengan Kebutuhan Industri Terkini
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik