Senin, 30 Januari 2023

BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir

PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 417 Kali


id6304_Compress_20221203_011850_0249.jpg


CIKARANG PUSAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi telah menyiapkan posko-posko bencana di daerah rawan bencana banjir di wilayah Kabupaten Bekasi. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan monitoring terhadap lokasi-lokasi yang sering terdampak bencana banjir. 

"Ya, kita terus monitoring dengan melibatkan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Destana, Katana dan relawan lainnya," kata Muchlis, usai mengikuti latihan gabungan penanggulangan bencana bersama Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, di Situ Rawa Binong, Desa Hegarmukti Cikarang Pusat, Jumat (02/12). 

Terkait dengan mulai datangnya musim hujan, Muchlis mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di bantaran sungai untuk aktif memantau kondisi ketinggian air. 

"Apabila ada informasi air mulai naik atau banjir, masyarakat agar melakukan evakuasi mandiri dulu. Apabila kondisi banjirnya masif, tim BPBD akan turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi," terangnya. 

Muchlis mengatakan, BPBD Kabupaten Bekasi tetap siaga meskipun sebagian personelnya saat ini ikut membantu penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. 

"Sebagian personel, peralatan dan logistik saat ini kita arahkan untuk membantu korban gempa Cianjur, tapi kita tetap siaga karena intensitas hujan di Kabupaten Bekasi makin tinggi," ujarnya. 

Terkait digelarnya latihan gabungan penanggulangan bencana dari Kodim 0509 bersama Polri dan perangkat daerah, yang digelar di Situ Rawa Binong, Muchlis mengatakan, BPBD sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. 

"Kami sangat apresiasi, dan kami support baik personel, peralatan maupun logistik lainnya. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa kita lanjutkan," katanya. 

BPBD Kabupaten Bekasi, lanjutnya, ke depan akan berupaya untuk menggelar latihan gabungan bersama TNI Polri dan elemen lainnya, dalam meningkatkan sinergitas antisipasi terjadinya bencana alam. 

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

 

 

Berita Lainnya

Resolusi Penanganan Sampah Ala Dani Ramdan, Dari Strategi Hingga Datangkan Nilai Ekonomi
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dampingi Wagub Jabar Hadiri Syukuran Nelayan 6 Muara
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muskab Korpri, Pj. Bupati Bekasi Tekankan Profesionalitas Pegawai
PEMERINTAHAN   Jan 28, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Jababeka Bangun KEK Pendidikan dan Teknologi
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadir di Podcast Makin Berani, Dani Ramdan Ungkap Over Target PAD dan Naiknya Serapan Anggaran
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik