Senin, 30 Januari 2023

Bootcamp Startup Accelerator, 20 Startup Kunjungi Fablab Correctio Jababeka

PEMERINTAHAN   Dec 21, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 674 Kali


id6389_Compress_20221221_201116_6533.jpg
KUNJUNGI FABLAB CORRECTIO JABABEKA - Plt. Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Bahrul Ulum (kedua dari kiri) didampingi CEO Fablab Correctio Jababeka, Iman Firmansyah (kiri), berdiskusi dengan peserta Bootcamp Startup Accelerator, di Fablab Building, President University Convention Center, Kota Jababeka Cikarang, pada Rabu (21/12/2022). Foto : Andre M Jafar/Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG UTARA - Sebanyak 20 peserta "Bootcamp Startup Accelerator" mengunjungi Fablab Correctio Jababeka, di Fablab Building, President University Convention Center, Kota Jababeka Cikarang, pada Rabu (21/12/2022). 

Pelatihan startup yang digelar Diskominfosantik Kabupaten Bekasi bersama Correctio Jababeka & Lyrid tersebut dilaksanakan selama tiga hari pada 19-21 Desember 2022.

CEO Fablab Correctio Jababeka, Iman Firmansyah menyampaikan, Fablab adalah sebuah inisiatif dari Jababeka dalam menciptakan ekosistem yang disebut Correctio sebagai Silicon Valley-nya Jababeka. 

"Fasilitas ini, yakni Correctio dan Fablab diresmikan bersamaan pada Bulan September lalu. Ini adalah wadah ekosistem yang kita bentuk, dimana pentahelix bisa berkolaborasi, yakni dari pelaku industri, akademisi, government, komunitas dan media untuk menciptakan value dari masing-masing stakeholder," terangnya. 

Iman berharap, kegiatan Bootcamp Startup Accelerator yang merupakan kolaborasi Pemkab Bekasi dengan Correctio Jababeka, bisa lebih menghidupkan ekosistem startup di Jababeka dan umumnya di Kabupaten Bekasi. 

"Kami berharap, hadirnya pebisnis-pebisnis baru ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi," ujarnya. 

Iman mengungkapkan, ada beberapa program yang dicanangkan untuk bisa bekerja sama dengan peserta Bootcamp Startup Accelerator, untuk membuka aktivitas bisnis di Fablab Jababeka. 

Plt. Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Bahrul Ulum mengatakan, Bootcamp Start Up Accelerator ini merupakan langkah awal Pemkab Bekasi mendorong tumbuhnya potensi ekosistem Start Up di Kabupaten Bekasi.

Ia meyakini pelatihan ini akan mampu berkontribusi dalam pemulihan ekonomi berbasis digital yang telah masuk di berbagai sektor

"Kondisi pasca pandemi mendorong Kita semua untuk lebih kreatif dan inovatif didalam mencari solusi pemulihan sektor ekonomi, Kabupaten Bekasi berpotensi menjadi homebase bagi para Startup di Indonesia dengan dukungan dan kolaborasi antara Pemerintah baik Pusat, Daerah dan Sektor Private tentu hal ini sangat mungkin tercipta sehingga dimungkinkan terjadi efek domino positif diantara para pelaku usaha" jelasnya. 

Bahrul Ulum menuturkan, antusiasme para pegiat Startup untuk mengikuti pelatihan Bootcamp Startup Accelerator cukup lumayan. "Tahap seleksi mencapai sekitar 60 Startup, tetapi yang kami anggap siap untuk mengikuti Bootcamp ini sebanyak 20 Startup" terangnya. 

Untuk ke depan ungkapnya, 20 peserta startup ini akan difasilitasi oleh Jababeka Correctio serta Lyrid perusahaan piranti lunak yg berbasis di USA untuk pengembangan bisnis mereka . 

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Resolusi Penanganan Sampah Ala Dani Ramdan, Dari Strategi Hingga Datangkan Nilai Ekonomi
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dampingi Wagub Jabar Hadiri Syukuran Nelayan 6 Muara
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muskab Korpri, Pj. Bupati Bekasi Tekankan Profesionalitas Pegawai
PEMERINTAHAN   Jan 28, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Jababeka Bangun KEK Pendidikan dan Teknologi
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadir di Podcast Makin Berani, Dani Ramdan Ungkap Over Target PAD dan Naiknya Serapan Anggaran
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik