Kamis, 18 Juli 2024

Tingkatkan Keterampilan, Warga Dua Desa di Kecamatan Pebayuran Ikuti Pelatihan Wirausaha

EKONOMI   Jun 25, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 329 Kali


id9900_Compress_20240625_164708_8652.jpg
Patriot Desa Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training (TMT) selama 15 hari di dua desa Kecamatan Pebayuran.

PEBAYURAN - Patriot Desa Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training (TMT). Pelatihan ini untuk memperkuat peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), mendongkrak ekonomi desa, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

Pelatihan diikuti oleh 32 peserta yang dilaksanakan di dua lokasi, yakni Desa Karangreja serta Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran.

Perwakilan Patriot Desa Kabupaten Bekasi, Najib Ali Abdul Aziz mengatakan, pelatihan ini melaksanakan TMT kejuruan seperti budidaya Ikan Nila serta Burung Puyuh yang digelar selama 15 hari berturut-turut. Adapun segala fasilitas pelatihan telah difasilitasi oleh BPVP Bandung Barat secara penuh.

"Program TMT sendiri dilaksanakan di dua desa selama 15 hari berturut-turut yang dilatih oleh instruktur profesional berasal dari BPVP Bandung Barat. Para peserta mendapatkan banyak fasilitas pelatihan seperti kemeja lapangan, tas, sepatu, ATK bahkan uang saku harian," ujar Najib pada Selasa, (25/06/2024).

Tak hanya itu, sambungnya, semua kebutuhan pelatihan seperti pembuatan kandang, pengadaan benih, pakan ternak, dan lain sebagainya telah difasilitasi oleh BPVP Bandung Barat secara gratis.

"Pelatihan ini dibuka oleh Anggota DPR RI Obon Tabroni dan dalam kegiatan ini, beliau juga telah menyumbangkan 10 kandang puyuh untuk para peserta pelatihan TMT ini," tambah Najib.

Adapun strategi keberlanjutan melalui program ini ke depannya, kata Najib, yakni dengan mengikutsertakan kelompok binaan ke dalam program ketahanan pangan desa serta adanya pendampingan lebih lanjut dengan beberapa stakeholder terkait. 

"Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan skill dan kemampuan teknis masyarakat dalam berwirausaha. Sehingga masyarakat lebih mandiri dan percaya diri dalam mengelola potensi desanya," tuturnya.

Melalui pelatihan ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan perekonomian masyarakat desa, menggarap potensi sumber daya di desa serta meningkatkan kemandirian finansial warga desa dalam mengurangi angka pengangguran.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Burung Puyuh asal Desa Karangharja, Eman Sulaeman (49) mengapresiasi dan menyambut dengan penuh antusias hadirnya program pelatihan wirausaha ini. 

Menurutnya, melalui pelatihan ini, ilmu yang didapatkan sangat bermanfaat, mulai dari pembuatan kandang burung puyuh, pembuatan pakan ternak, perawatan dan lainnya. Dirinya berharap, apa yang telah dipelajari melalui pelatihan ini, bisa membawa dampak positif serta mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Patriot Desa Kabupaten Bekasi dan BPVP Bandung Barat. Pelajaran yang kami dapat banyak sekali, yang kami tidak tahu menjadi tahu tentang budidaya burung puyuh. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kami dan bisa menambah penghasilan untuk keluarga kami di rumah," ungkapnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Permudah Konektivitas Antar Kawasan, Pemkab Bekasi Sambut Baik Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung
EKONOMI   Jul 9, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Keterampilan, Warga Dua Desa di Kecamatan Pebayuran Ikuti Pelatihan Wirausaha
EKONOMI   Jun 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik