Kamis, 18 Juli 2024

Tingkatkan Ketahanan Pangan, TP-PKK Kecamatan Cabangbungin Gelar Aksi Menanam Cabe Serentak

EKONOMI   Dec 21, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 936 Kali


id8878_Compress_20231221_132539_9712.jpg
GERAKAN TANAM CABE : Tim Penggerak PKK Kecamatan Cabangbungin melaksanakan kegiatan Gerakan Menanam Cabe yang diselenggalarakan di halaman Kantor Kecamatan Cabangbungin, pada Kamis (21/12/2023).

CABANGBUNGIN - Tim Penggerak PKK Kecamatan Cabangbungin melaksanakan kegiatan Gerakan Menanam Cabe yang diselenggalarakan di halaman Kantor Kecamatan Cabangbungin pada Kamis, (21/12/2023).

Gerakan Menanam Cabe tersebut dilaksanakan secara serentak di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, sesuai dengan instruksi dan arahan dari Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi Ria Sabaria Dani Ramdan.

Mewakili Ketua TP-PKK Cabangbungin, Ketua Pokja 2, Titi Indra Lestari menyampaikan, kegiatan Gerakan Menanam Cabe bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan di wilayah pedesaan maupun perkotaan. Gerakan tersebut juga untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk menjaga stabilitas pangan masyarakat.

"Dengan menanam cabe juga dapat menambah nuansa dapur, masyarakat juga bisa menanam pohon cabe sendiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing. Jadi masyarakat tidak perlu membeli cabe sehingga bisa memudahkan masyarakat dan bisa mempertahankan ekonomi keluarga juga," ujarnya.

Untuk penanamannya, tambah dia, masing-masing kecamatan diberikan sebanyak 62 pot bibit pohon cabe. Bibit tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi.

Dirinya mengajak kepada seluruh Ketua TP-PKK Desa se-Kecamatan Cabangbungin serta masyarakat agar semakin gemar menanam dan mampu memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayuran seperti cabe. Sehingga kebutuhan pangan keluarga bisa terpenuhi sebagai sumber pangan berkelanjutan dalam jangka panjang.

"Setidaknya ketahanan pangan itu bisa dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga dulu, baru dari masyarakat semuanya akan menikmati manfaat dari gemar menanam. Diharapkan agar semua masyarakat bisa melaksanakan kegiatan seperti ini, nanti juga akan terasa banget dengan hanya menanam cabe saja masyarakat bisa merasakan hasilnya sendiri," tandasnya.

Sementara itu, Camat Cabangbungin Asep Buchori mendukung upaya dan peran serta Gerakan Menanam Cabe serentak yang diinisiasi oleh TP-PKK Kabupaten Bekasi.

"Karena cabe ini merupakan salah satu bahan pokok penting untuk ibu-ibu dalam kebutuhan dapur untuk memasak, mengingat cabe ini tentunya selalu dibutuhkan untuk konsumsi masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan menanam cabe dan tanaman produktif harus terus digencarkan, dengan gerakan menanam cabe diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, kemandirian pangan masyarakat, serta bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan harga cabe yang berfluktuasi.

"Karena ini mulai memasuki tahun baru pasti kan diprediksi harga cabe akan melonjak mahal, dengan menanam cabe sebagai salah satu upaya untuk peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan melalui peran serta perempuan-perempuan PKK yang ada di Cabangbungin," tuturnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Permudah Konektivitas Antar Kawasan, Pemkab Bekasi Sambut Baik Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung
EKONOMI   Jul 9, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Keterampilan, Warga Dua Desa di Kecamatan Pebayuran Ikuti Pelatihan Wirausaha
EKONOMI   Jun 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik