Rabu, 24 April 2024

Swadaya Masyarakat, Gelar Kegiatan Normalisasi Kali Ceger dan Kali Cangkring Cibitung

SOSIAL   Mar 29, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 263 Kali


id9376_Compress_20240329_215256_6397.jpg
SWADAYA MASYARAKAT : Camat Cibitung Encun Sunarto didampingi Kepala Desa Muktiwari Bahrudin meninjau pelaksanaan normalisasi sungai Kali Ceger, Kegiatan tersebut merupakan dari swadaya masyarakat dan dukungan dari dinas-dinas terkait. Bertempat di jembatan Perum. Grand Mutiara Muktiwari. Pada Jum'at, (29/03/2024). Foto : Endar Raziq B/Newsroom Diskominfosantik.

CIBITUNG - Kecamatan Cibitung mendukung penuh kegiatan pengangkatan sampah dan eceng gondok di aliran Kali Ceger yang dilakukan oleh aparatur Desa Muktiwari bersama swadaya masyarakat. Sebelumnya Pemerintah Desa Muktiwari juga telah melaksanakan normalisasi Kali Cangkring sepanjang 1.000 meter dalam rangka untuk memperlancar debit air sungai menuju area lahan pertanian

Camat Cibitung Encun Sunarto mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait agar bisa mengerahkan alat berat excavator ke-lokasi tersebut. Selain itu, normalisasi sungai ini juga melibatkan unsur TNI-POLRI bersama jajaran perangkat desa Kadus, RT/RW dan unsur lainnya.

"Alhamdulillah hari ini kita melakukan pengangkatan sampah yang menimbun di bawah jembatan Kali Ceger Desa Muktiwari, kita berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi untuk mengerahkan mobil pengangkut sampah," katanya.

"Kegiatan ini menindak lanjuti laporan dari masyarakat bahwa adanya tumpukkan sampah di Kali Ceger tepatnya di depan perumahan Grand Mutiara Muktiwari," tambahnya.

Hulu Kali Ceger ini berasal dari wilayah Desa Kertamukti kemudian melintasi Desa Muktiwari menuju Kali Wates Desa Sarimukti hingga ke wilayah Kecamatan Tambelang. Kemudian sepanjang Kali Ceger juga sudah dipadati permukiman penduduk dan sebagai tempat akhir pembuangan air limbah rumah tangga.

"Sekitar daerah sini sudah padat permukiman masyarakat perumahan dan sekarang sudah masuk musim penghujan, mudah-mudahan dengan pengangkatan sampah ini airnya menjadi lancar dan tidak ada sumbatan," harap Encun Sunarto.


Selain itu, pihaknya bersama pemerintah desa juga telah melaksanakan normalisasi Kali Cangkring dengan target sepanjang 1.000 meter dan sudah diselesaikan sejauh 670 meter. Untuk normalisasi Kali Cangkring mendapat dukungan alat berat dari Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi atas rekomendasi dari Pj Bupati Bekasi.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pak. Bupati Bekasi, Kami pemerintah kecamatan bersama-sama swadaya masyarakat melaksanakan kegiatan normalisasi ini dan alhamdulillah hasilnya sangat bagus," ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut, Camat Cibitung berharap aliran sungai yang berada di Desa Muktiwari ini bisa melintas dengan lancar kemudian dapat mengaliri lahan-lahan persawahan. Di mana Desa Muktiwari dan Sarimukti masih terdapat area pertanian, selain itu dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarang di bantaran sungai.

Sementara itu Kepala Desa Muktiwari Bahrudin mengatakan kegiatan normalisasi Kali Ceger ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, anggota TNI-Polri, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) kecamatan dan desa serta jajaran perangkat desa, pihaknya mengapresiasi seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Kami pihak desa sesuai arahan Pak. Bupati Bekasi yang bekerjasama dengan dinas-dinas terkait sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, mudahan-mudahan dengan adanya pengerukan seperti ini masyarakat sekitar apabila turun hujan akan terhindar dari adanya banjir," Ucapnya.

Disisi lain, untuk normalisasi Kali Cangkring Bahrudin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sudah berjalan dari tanggal 13 Maret 2024 dan sudah dikerjakan sepanjang 670 meter, dan saat ini kondisi bantaran Kali Cangkring kembali normal.

"Dengan adanya normalisasi tersebut bisa membantu limbah dari permukiman warga juga lahan pertanian karena air bejalan lancar," katanya.

Reporter : Arif Tiarno
Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Wamen ATR/BPN Serahkan 50 Sertipikat Wakaf di Kabupaten Bekasi
SOSIAL   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Bantuan PJU dan Sembako Lebaran dari CSR PT. Hankook Tire Indonesia
SOSIAL   Apr 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Apresiasi PT. Coca-Cola Atas Komitmen Kesejahteraan Para Pegawai
SOSIAL   Apr 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
“Ngaji Ekologi" Penghayatan Dampak Lingkungan Pesisir
SOSIAL   Apr 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Santunan 1000 Anak Yatim di Masjid Al-Azhar Jababeka
SOSIAL   Mar 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik