Senin, 04 Juli 2022

Saya Sudah di Sensus Lagi…

UMUM   May 25, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 196 Kali


id4826_WhatsApp Image 2022-05-19 at 09.30.09.jpeg


(Keterbatasan Tidak Menjadi Penghalang)

Penulis: Eko Sucahyono, S.Si (*)

Mulai tanggal 15 Mei 2022 yang lalu telah dimulai tahapan Pemutakhiran Muatan Blok Sensus Wilayah Sampel Kegiatan Pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 (LFSP2020) atau biasa di sebut juga Sensus Penduduk 2020 Lanjutan  serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan Pemutakhiran ini dilakukan di sebanyak kurang lebih 268 ribuan Blok Sensus, mulai tanggal 15 Mei sampai dengan 31 Mei 2022.

Kegiatan Pemutakhiran ini merupakan salah satu tahapan yang cukup krusial dalam kegiatan pendataan LFSP2020, dari hasil pemutakhiran inilah nantinya akan diambil sampel sebanyak 16 Rumah Tangga sampel yang akan di data lebih rinci lagi dengan menggunakan kuesioner SP2020-C2.

Kegiatan Pemutakhiran di Kabupaten Bekasi sudah dimulai dengan melibatkan 570 an petugas di 23 kecamatan. Di Kecamatan Pebayuran total petugas yang terlibat dalam kegiatan pendataan LFSP2020 ini sebanyak 17 orang, terdiri dari 12 orang Petugas Pendata Lapangan (PPL), 4 orang Kortim dan 1 orang Koseka.

Total BS yang menjadi beban sampel kegiatan LFSP2020 sebanyak 59 BS yang tersebar di seluruh desa/kelurahan di Kecamatan Pebayuran. 1 (satu) Tim harus kebagian 1 BS yang berada di luar wilayah Kecamatan Pebayuran untuk menggenapkan pembagian wilayah sebanyak 1 petugas PPL sebanyak 5 BS. Namun hal ini tidak mengurangi antusias petugas untuk menyelesaikan kegiatan pemutakhiran di Kecamatan Pebayuran.

Kegiatan pemutakhiran di Kecamatan Pebayuran menjadi suatu tantangan tersendiri karena masyarakatnya yang sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani, karena saat dilaksanakan kegiatan pemutakhiran ini beberapa responden tidak berada di rumahnya, mereka bekerja si sawah dari pagi hingga petang.

Petugas memerlukan strategi tersendiri agar seluruh data responden yang ada di wilayah pendataannya dapat dikumpulkan langsung dari responden sebagai narasumber pemberi informasinya, karena harus menanyakan data anggota rumah tangga, nomor telepon dan alamat email.

Selain melakukan pemutakhiran terhadap data yang telah tercetak di pre printed muatan Blok Sensus sampel, petugas juga di wajibkan melakukan penambahan keluarga baru yang belum terdaftar dalam daftar pre printed tersebut. Jadi semua Kepala Keluarga (KK) yang ada dalam wilayah Blok Sensus sampel akan sama-sama memiliki peluang terpilih menjadi sampel pendataan rinci yang akan di data pada bulan Juni 2022 nanti.

Antusiasme warga untuk didata dalam kegiatan pemutakhiran LFSP2020 juga cukup besar, terbukti dengan banyaknya warga yang menghampiri petugas untuk menanyakan tujuan pendataan yang dilakukan.

Tidak hanya warga yang berusia muda saja yang terlihat cukup antusias, warga kelompok usia ‘senja’ pun sangat antusias menerima kedatangan petugas LFSP2020 yang datang ke tempat tinggalnya.

Kendala komunikasi yang terjadi karena pendengaran yang sudah tidak seperti dulu lagi tidak menjadi kendala. Petugas dengan sabar menanyakan semua pertanyaan yang harus ditanyakan pada kegiatan pemutakhiran ini.

Jadi, gak ada alasan lagi kita tidak mau menerima kedatangan petugas sensus, mereka yang memiliki keterbatasan saja sudah didata, bagaimana dengan kita? (*)

(*) Fungsional Statistisi Muda, Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi

 

 

 

 

Berita Lainnya

Camat Sukawangi Pimpin Lomba Kampung Bersih Makin Berani di Desa Sukabudi
UMUM   Jul 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Dia Keistimewaan Haji Akbar yang Jatuh di Tahun ini
UMUM   Jun 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Berpotensi Haji Akbar, MUI Kabupaten Bekasi Minta Jemaah Haji Lipatgandakan Ibadah
UMUM   Jun 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Linmas Desa Sukarahayu Raih Juara 1 Lomba PBB antar Kecamatan
UMUM   Jun 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik