Rabu, 24 April 2024

Pj Bupati Bekasi Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Cikarang Utara

PEMERINTAHAN   Feb 24, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.530 Kali


id6730_Compress_20230224_223755_5238.jpg


CIKARANG UTARA - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengunjungi warga terdampak banjir di Kampung Kaliulu Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara, pada Jumat (24/02/203). 

Dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati Bekasi didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis, Kepala Dinas Sosial, Endin Samsudin dan Camat Cikarang Utara, Enop Can. 

Diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Bekasi sejak Kamis malam (23/02) hingga Jumat siang, menyebabkan banjir di beberapa titik. Salah satunya, di Kampung Kaliulu Desa Karang Raharja, yang menyebabkan ratusan rumah warga terendam dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter. 

"Ya, penanganan yang kita lakukan untuk banjir di Kaliulu ini, kita siapkan dua titik pengungsian. Di tiap titik pengungsian, kita siapkan tenda, dapur umum dan pos kesehatan," kata Dani Ramdan. 

Untuk solusi jangka panjang, Dani mengatakan, harus dilakukan pelebaran Sungai Kaliulu agar ketika musim hujan airnya tidak meluap ke pemukiman warga. 

"Sungainya harus diperlebar, terutama di daerah hulu. Nanti saya akan cek untuk anggaran tahun 2024, kalau untuk tahun ini kita kerjakan di hilirnya, di Kecamatan Karangbahagia, supaya saluran air lebih lancar," terangnya. 

Camat Cikarang Utara, Enop Can mengatakan, dampak meluapnya Sungai Kaliulu menyebabkan banjir di dua desa, yakni Desa Karangraharja dan Desa Tanjungsari. 

"Lokasi banjir sudah kita tinjau sejak jam 7 pagi bersama Muspika, termasuk bantuan nasi bungkus untuk warga terdampak banjir. Kita juga sudah mengevakuasi mereka ke tempat yang lebih aman," ujarnya. 

Dia menuturkan, untuk jumlah warga yang terdampak banjir di Desa Karangraharja, sebanyak 260 Kepala Keluarga (KK) dan di Desa Tanjungsari sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK). 

"Kami juga mendapat bantuan dari Brimob serta bantuan dari BPBD dan Dinsos Kabupaten Bekasi. Terutama makanan siap saji, sudah kita salurkan ke warga terdampak banjir," ucapnya. 

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta Perumda Tirta Bhagasasi Tingkatkan Layanan Air Bersih untuk Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Penari, Puskesmas Sukaindah Targetkan 100 Persen Imunisasi Balita
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pawai Ta'aruf MTQ ke-38 Jawa Barat Bakal Digelar di Central Park Meikarta
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik