Selasa, 07 Februari 2023

Pemkab Bekasi Serahterima Hibah Penataan Arsip ke Kejari

PEMERINTAHAN   Jan 18, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 170 Kali


id6528_WhatsApp Image 2023-01-18 at 12.57.10-min.jpeg
Sekda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi secara simbolis serah terima hibah pekerjaan penataan arsip in aktif tahun 2022 dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, di Aula Kejari, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Rabu (18/01/2023). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

CIKARANG PUSAT - Sekretaris Daerah Dedy Supriyadi melakukan serah terima hibah penataan arsip in aktif tahun 2022 kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi di ruang Prof. St. Burhanuddin Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi Cikarang Pusat pada Rabu (18/01).

Dedy Supriyadi dalam sambutannya menyampaikan serah terima hibah penataan arsip seluas 107 meter linear beserta 535 box dan 18 rak arsip ini merupakan upaya Pemkab dan Kejari memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Dedy, pelayanan kepada masyarakat akan dapat berjalan baik apabila pengelolaan dan ketersediaan arsip dijalankan dengan baik.

"Karena itu Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, bersama Pemkab yang dalam hal ini Dinas Arsip dan Perpustakaan punya tanggung jawab bersama dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang andal, untuk menjamin ketersediaan arsip yang otentik, utuh dan terpercaya," jelasnya.

Dinas Arsip dan Perpustakaan, menurutnya, memiliki fungsi pembinaan kearsipan di wilayah Kabupaten Bekasi. Pembinaan tersebut dalam upaya pendampingan pengelolaan arsip pada tiap pencipta arsip termasuk Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi.

"Telah dilaksanakan sejak tahun 2020, kita mengharapkan sinergi ini dapat mewujudkan tertib arsip yang berdampak pada kualitas layanan publik di Kabupaten Bekasi," katanya.

Dedy juga mengemukakan langkah itu merupakan bentuk komitmen Pemkab Bekasi kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi. Bahkan, dengan dukungan ini Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi berhasil meraih peringkat penataan arsip terbaik se-Jawa Barat.

"Pemkab Bekasi berkomitmen dan konsisten terus membantu dalam pelayanan arsip maupun nanti pada saat alih media ke transformasi digital," katanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Ricky Setiawan Anas menyampaikan, selama dirinya bertugas sudah melakukan kerjasama bersama Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah sebanyak 2 kali dalam penataan arsip.

"Di masa saya di tahun 2021 telah melakukan penataan sebanyak 97 meter linear, beserta box dan rak arsip, yang telah diserahterimakan sebanyak 107 meter linear dengan 535 box dengan 18 rak arsip," terangnya.

Ricky menyampaikan penataan arsip di instansinya merupakan hal vital baik dalam merekam hasil kerja maupun penanganan perkara yang ditangani Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi.

"Arsip tersebut memang harus ditata dengan baik untuk adanya kepastian hukum apabila dikemudian hari ada hal-hal yang belum selesai yang akan ditindaklanjuti kembali," katanya.

Reporter : Fajar CQA

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Desa Sukadami Tetapkan 50 Orang Penerima BLT Dana Desa
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Desa Sindangmulya Data Warga Kurang Mampu
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Tekankan ASN Tangani Kemiskinan Ekstrem dan Pengangguran
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Asda 1 : Produksi Padi Kabupaten Bekasi Terbesar Ke-7 di Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Feb 5, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Kemajuan Desa, Pj. Bupati Bekasi Berikan Arahan Khusus Terkait Program Prioritas
PEMERINTAHAN   Feb 5, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik