Selasa, 05 Maret 2024

Pemkab Bekasi Komitmen Bantu Perbaikan Rumah Warga Terdampak Puting Beliung

PEMERINTAHAN   Apr 13, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 583 Kali


id7053_Compress_20230413_224915_5999.jpg
BANTUAN REHABILITASI RUMAH : Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah warga terdampak puting beliung di Kantor Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Kamis (13/04/2023) Foto : Bayu Aji S.

TAMBUN SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) memberikan bantuan perbaikan rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung, yang melanda empat desa di tiga kecamatan, pada Februari 2023 lalu. 

Bantuan rehabilitasi rumah tersebut diserahkan langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan kepada warga terdampak puting beliung di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, pada Kamis (13/04/2023)

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, sesuai janji dari Pemerintah Kabupaten Bekasi pada Februari lalu, saat ditetapkan tanggap darurat bencana, selain banjir juga terjadi angin puting beliung yang mengakibatkan kerusakan rumah warga di Kecamatan Tambun Selatan, Sukatani dan Tambelang. 

"Kalau banjir hanya rumah yang terendam saja, tapi kalau angin puting beliung seperti di Tambun Selatan ini mengakibatkan rumah warga rusak berat, hari ini kami salurkan bantuan sebagai realisasi bahwa pemerintah membantu perbaikan rumahnya," terangnya. 

Dani mengatakan, kategori rumah warga yang mendapat bantuan adalah yang rusak berat dan tidak bisa ditinggali lagi akibat kerusakannya. 

"Kalau untuk rusak sedang sudah terlebih dahulu kita menyalurkan material berupa asbes, semen serta bantuan yang lainya," terangnya. 

Dani menyampaikan, bantuan pembangunan rumah yang diberikan adalah standar Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Mereka menerima rumah yang sudah direnovasi melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang ada di desa. 

"Ya, dikarenakan tidak semua masyarakat paham tentang kontruksi, cara membeli material serta mendirikan bangunan, karena itu kita bangun melalui LPM dan BKM yang sudah terbiasa membantu Rutilahu agar bantuan ini terwujud menjadi rumah yang lebih baik," katanya. 

Sementara itu, Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir menyampaikan, jumlah rumah warga terdampak puting beliung yang mendapat bantuan sebanyak 11 rumah di empat/kelurahan di tiga kecamatan, yang hari ini disalurkan oleh Pj Bupati Bekasi. 

"Nominalnya masing-masing sebesar Rp 20 juta. Bantuan ini sifatnya stimulan, jadi dengan adanya bantuan pemerintah ini diharapkan masyarakat bersemangat ikut membantu serta saling gotong royong,” terangnya. 

Selain bantuan untuk warga terdampak puting beliung, di lokasi yang sama, Pj Bupati Dani Ramdan menyerahkan bantuan sosial kepada 10 balita terindikasi stunting berupa paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Reporter : Andre M Jafar/ M. Reza

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Siapkan Strategi Ketahanan Pangan Daerah dan Dorong Pasar Desa
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Resmikan PT Virtue Diagnostic Indonesia, Kabupaten Bekasi Siap Penuhi Kebutuhan Alat Kesehatan
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Terima Kunker Pansus 34 DPRD Kabupaten Bangka Tengah
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Ramadan, Pemkab Bekasi Bakal Gelar GPM di Wilayah Rawan Pangan
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Video Aksi Perundungan Pelajar SMPN 13 Tambun Selatan Hoaks
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik