Sabtu, 24 Februari 2024

Pemkab Bekasi Gandeng Tim Ahli IPB Kembangkan Data Desa Presisi

PEMERINTAHAN   Oct 6, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 979 Kali


id5851_presisi.jpeg
PENGEMBANGAN : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menerima audiensi Data Desa Presisi (DDP) tim Ahli IPB di ruang Bupati, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat pada Kamis (06/10).

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi menggandeng tim ahli Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi pendamping proses pendataan pada program Data Desa Presisi (DDP). Saat ini, sudah ada 12 desa di kecamatan Muaragembong dan Bojongmangu masuk dalam proses input Data Desa Presisi.

PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan berharap proses input data DDP ini dapat selesai pada November 2022. “Untuk desa lainnya, sudah saya instruksikan agar tahun 2023 seluruh desa yang belum, atau sekitar 21 kecamatan baik desa maupun kelurahan menjalankan Desa Presisi,” harapnya setelah audiensi DDP dengan tim Ahli IPB di ruang Bupati, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat pada Kamis (06/10).

Menurutnya, tahapan DDP saat ini sebagai tindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai 20 Kabupaten/Kota di Indonesia yang dipimpin oleh Penjabat Bupati/Walikota, agar menerapkan konsep DDP di wilayahnya masing-masing. Dalam prosesnya, tahapan demi tahapan dilakukan agar bisa mencapai target Data Desa Presisi di tahun 2023.

Dani Ramdan menjelaskan, DPP akan mendukung pembangunan di Kabupaten Bekasi seperti mengintegrasikan DDP dengan kegiatan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Kita akan integrasikan dengan kegiatan di BPS, karena bulan ini sedang registrasi social ekonomi. Datanya, perkiraan saya akan sama. Kalau dari BPS datanya berbentuk tabel, kalau di Presisi berbasis peta, dengan koordinat dari rumah ke rumah yang ada di tiap desa. Maka akan sangat mudah melihat data di tiap desa,” tandasnya.

 

Reporter : Dani Ibrahim

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Botram Perdana Tahun 2024 Disambut Antusias Warga Cibarusah
PEMERINTAHAN   Feb 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atasi Kenaikan Harga Beras, Pemkab Bekasi Gelar Operasi Pasar Beras dan Distribusi SPHP
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Layanan Informasi Masyarakat, Diskominfosantik Gelar Sarasehan KIM
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Susun Strategi Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-38
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Ajak Perangkat Daerah Optimalkan Aduan Masyarakat di SP4N LAPOR!
PEMERINTAHAN   Feb 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik