Rabu, 01 Desember 2021

Pedagang Diminta Pasarkan Hewan Kurban Lewat Sosmed

COVID - 19   Jul 1, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 670 Kali


18IMG_20210701_201848.jpg


CIKARANG PUSAT – Tim Teknis Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban Kabupaten Bekasi tahun ini memiliki tugas ekstra. Selain mengecek kesehatan hewan qurban, mereka juga mensosialisasikan prokes Covid-19 kepada para perdagangan. 

Para pedagang diminta memasarkan penjualan hewan qurbannya melalui jejaring media sosial untuk menghindari bertemu langsung. 

"Ya dipasarkannya melalui jejaring media sosial, cara ini menjadi bagian penerapan protokol kesehatan bagi para pedagang hewan qurban menjelang Idul Adha tahun ini," jelas Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kesehatan Hewan & Kesmavet Kabupaten Bekasi, Gugun Gunardi setelah menggelar kegiatan Pelepasan Tim Teknis Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di RM Kajojo, Cikarang Pusat pada Kamis (01/07).

Jika pembelinya terpaksa mendatangi lapak penjual hewan qurban maka pedagang diwajibkan melengkapi lapaknya dengan standar protokol kesehatan.

"Kalau pembelinya datang langsung ke lapak, kami meminta ke para pedagang agar menyediakan handsanitizer serta tidak berkerumun saat bertransaksi," ujarnya. 

Meski begitu, Tim Teknis Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban ini tetap mengedepankan tugas pokoknya yaitu mengecek kesehatan hewan qurban yang dijual para pedagang musiman hewan qurban se-Kabupaten Bekasi.

"Kami bentuk tim untuk mengawasi pedagang hewan qurban yang ada di setiap kecamatan dan memastikan hewan kurban yang dijual sudah memenuhi syariat dalam Islam," jelasnya.

Di antara ketentuan syarat hewan qurban yaitu sudah cukup umur, tidak memiliki penyakit serta cacat, tidak berbahaya dan aman dikonsumsi. 

Tim teknis yang terdiri dari 30 orang ini akan disebar di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Mereka akan mulai menjalankan pengawasan kesehatan kurban pada 5 sampai 19 juli 2021. 

"Kami tidak menggunakan sample pedagang, tetapi semua pedagang hewan kurban yang ada di kecamatan akan didatangi tim teknis ini nantinya," tandasnya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor      : Tata Jaelani

Berita Lainnya

90,4 Persen Warga Kecamatan Bojongmangu Sudah Divaksin
COVID - 19   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Vaksinasi Desa Sukadami Capai 95 Persen
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Amankan PTM, Pemkab Bekasi Gelar Tes Acak Covid-19 di Sekolah
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Aturan Masuk Tempat Wisata dan Mal Saat PPKM Level 3 Nataru 2022
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Penerapan PPKM Level 3 Saat Libur Nataru
COVID - 19   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik