Kamis, 08 Desember 2022

Pariwisata dan UMKM Sejalan Tingkatkan Perekonomian Daerah

EKONOMI   Oct 10, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 365 Kali


id5873_Wisata.jpeg
HIJAU : Bendahara Asosiasi Penyelenggara Perjalanan wisata Indonesia (Asperwi) pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Srie Asih berkunjung ke taman Kebun Tin Cikarang (KTC).

CIKARANG TIMUR – Asosiasi Penyelenggara Perjalanan wisata Indonesia (Asperwi) Kabupaten Bekasi meminta agar para pelaku wisata dapat menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuannya agar keberadaan wisata dapat mendorong roda perekonomian daerah yang lebih baik lagi kedepannya.

Bendahara Asperwi Kabupaten Bekasi, Srie Asih menilai jika perkembangan objek wisata mampu mengangkat potensi UMKM dan menjadi modal utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Saat ini, sector wisata dan UMKM terus di kembangkan. Kami juga terus melakukan monitoring pada sejumlah wisata yang saat ini berkembang di kabupaten Bekasi,” kata Srie Asih usai berkunjung ke objek wisata Kebun Tin Cikarang (KTC), Jalan Pemanahan, No. 58 Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur.   

Srie Asih mengakui memperhatikan perkembangan sektor pariwisata dibeberapa daerah di Kabupaten Bekasi. Di antaranya agro wisata edukasi dimana objek wisata berbasis produksi dan edukasi pada sektor pertanian.

“Sektor wisata sendiri, ada banyak jenis. Di kabupaten bekasi, ada kebun buah tin. Perkembangan objek wisata produksi tani buah tin yang digandrungi dan sangat menjanjikan bisnisnya. Juga, bisa menjadi tempat belajar,” ujarnya.

Sementara itu, Pengelola KTC Saeful Anwar mengatakan pengembangan kebun buah Tin yang dikelolanya menjadi bagian yang tidak luput dalam proses pengembangan wisata edukasinya. Dia juga optimistis, pengembangan wisata saat ini menentukan kemajuan ekonomi pasca pandemic Covis-19.

“Ada banyak jenis Tin atau sebutan orang itu buah surga. Sekarang ada di Cikarang. Kita sudah bisa mengembangkannya dan sudah tidak sulit dalam distribusinya,” katanya.

Selain itu, Saeful juga terus memberikan edukasi jika pembudidayaan buah tin bisa dilakukan di Kabupaten Bekasi. Dengan begitu, ada pelajaran yang bisa didapat para pengunjung wisata taman buah tin, selain dapat menikmati buahnya juga dapat mempelajari budidaya tanaman tersebut.

 “Untuk buah ini sangat cocok di Bekasi, karena udaranya hangat. Tumbuhan ini, tidak cocok di dareah tropis. Kalau di sini, Alhamdulillah dan bisa terus berkembang,” tandasnya.

 

Reporter : Dani Ibrahim

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Gelar Seminar Nasional, Be-Prof Ajak Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bekasi Berwirausaha
EKONOMI   Dec 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta APJI Kembangkan Penganan Khas Kabupaten Bekasi
EKONOMI   Dec 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Akhir Tahun, Sejumlah Komoditas di Pasar Baru Cikarang Alami Kenaikan
EKONOMI   Nov 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Minta Dekranasda Dorong Tumbuhnya Ekonomi Kreatif
EKONOMI   Nov 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Bantu Budidaya Ikan Lele di Desa Satriajaya
EKONOMI   Nov 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik