Selasa, 27 September 2022

Lestarikan Pencak Silat, Pemkab Bekasi Gelar Ibing Pencug 1000 Jawara

PEMERINTAHAN   Aug 19, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 352 Kali


id5523_Compress_20220819_191403_3344.jpg
Sekda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, mewakili Pj Bupati Bekasi, menyampaikan sambutan di acara Ibing Pencug 1000 Jawara, di Plaza Pemda, Cikarang Pusat, Jumat (19/08/22).

CIKARANG PUSAT - Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Ibing Pencug 1000 Jawara yang diikuti sekitar 70 padepokan pencak silat dari berbagai wilayah di Kabupaten Bekasi.  

Kegiatan tersebut dihadirkan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-72 dan HUT RI ke-77 yang berlangsung di Plaza Pemda, Cikarang Pusat, pada Jumat (19/8/22) sore. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mewakili Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam sambutannya menyampaikan, pencak silat merupakan kebudayaan asli Indonesia yang harus dilestarikan dan diperjuangkan keberadaannya. 

"Pencak silat harus dikembangkan sebagai aspek seni dalam gerak yang serasi serta menarik, dilandasi dengan rasa cinta kepada budaya bangsa," katanya. 

Dedy Supriyadi mengatakan, konsep dari pencak silat sendiri selaras dengan semangat "Kabupaten Bekasi Makin Berani."

"Untuk meningkatkan keberanian kita dan melawan rasa takut, sehingga mental kita dilatih terus menerus, tahap demi tahap, hingga akhirnya, mengeluarkan kemampuan kita untuk dapat berkontribusi positif sepenuhnya, baik dalam bersikap sehari-hari maupun berperilaku di masyarakat," ujarnya. 

Selain itu, Sekda menyebutkan, atlet Pencak Silat dari Kabupaten Bekasi juga telah berhasil mencapai prestasi dengan meraih medali emas dan perak dalam ajang kejuaraan pencak silat Southeast Asia Championship 2022 di Singapura serta prestasi di tingkat Nasional. 

"Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, karena sudah mengharumkan nama Kabupaten Bekasi serta Indonesia di kancah Internasional," terangnya. 

Karena itu, Dedy berharap kepada generasi muda Kabupaten Bekasi untuk terus melestarikan seni bela diri pencak silat sebagai warisan budaya nasional. 

"Saya berpesan untuk semua warga Kabupaten Bekasi untuk terus menjaga dan melestarikan budaya kita, jangan hanya mempelajari yang modern, tetapi seni dan budaya warisan nenek moyang kita juga harus dijaga dan dilestarikan," ucapnya. 

Acara Ibing Pencug 1000 Jawara di Plaza Pemda, dilanjutkan pada malam harinya dengan Pagelaran Wayang Golek bersama Ki Dalang Wawan Dede Amung Sunarya, sebagai penutup rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT RI ke-77 tahun 2022.

Reporter  : Andre Muhammad Jafar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Lantik 11 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama
PEMERINTAHAN   Sep 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kepala BPS Kabupaten Bekasi : Data Regsosek Harus Berkualitas dan Valid
PEMERINTAHAN   Sep 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Ajak BPN Awasi PTSL di Tingkat Desa agar Berjalan Sesuai Aturan dan Ketentuan
PEMERINTAHAN   Sep 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Pendataan Awal Regsosek untuk Tingkatkan Pelayanan Publik
PEMERINTAHAN   Sep 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Peringatan Hantaru ke-62, Pj Bupati Bekasi Ingatkan Pentingnya Percepatan Program PTSL
PEMERINTAHAN   Sep 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik