Rabu, 19 Juni 2024

Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis

EKONOMI   Apr 24, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 284 Kali


id9494_IMG-20240424-WA0052.jpg
UMKM : Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sukawangi berkesempatan mengikuti kegiatan Konsultasi Pendampingan Manajemen Bisnis (Kopi Manis) yang diinisiasi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi. Foto Arif Tiarno

SUKAWANGI - Sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sukawangi berkesempatan mengikuti kegiatan Konsultasi Pendampingan Manajemen Bisnis (Kopi Manis) yang diinisiasi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi.

Menurut Ketua Forum UMKM Kecamatan Sukawangi, Lastri Domo, para pelaku UMKM memperoleh banyak informasi dan pengetahuan terkait perizinan yang ada. Serta mengetahui manfaat dari legalitas usaha yang dimiliki. 

"Tentunya ini menjadi tempat sharing yang membuka wawasan pelaku usaha terutama teman-teman di Forum UMKM Kecamatan Sukawangi terkait proses perizinan baik itu PIRT, Label Halal, NIB dan lainnya. Ternyata proses pengajuan perizinan usaha saat ini mudah dan cepat," ungkap Lastri, ditemui pada Rabu (24/04/2024).

Pada sesi pemaparan materi, Lastri mengatakan, narasumber juga mengajak peserta kegiatan yang hadir untuk dapat berpikir kreatif dalam memanfaatkan bahan baku yang ada disekitarnya. Bahan baku nantinya untuk diolah menjadi berbagai produk yang bernilai ekonomis serta laris dipasaran. 

"Tadi juga dicontohkan, bagaimana pakan/pur ayam yang diolah menjadi pelet ikan. Sehingga dapat merambah pasar baru tidak hanya untuk peternak ayam tapi juga untuk yang memelihara ikan. Jadi teman-teman dibentuk agar kreatifitasnya meningkat melihat peluang pasar yang ada," jelasnya. 

Lastri berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, menambah semangat dan motivasi pelaku UMKM dalam mengelola usahanya sehingga dapat terus berkembang dan memiliki daya saing dengan dilengkapi legalitas usaha.

"Harapan kami tentu kedepannya UMKM yang ada dapat terus eksis dan berkembang, pengetahuan dan wawasan yang didapat dari narasumber menjadi bekal yang sangat penting untuk menata bisnis dan usaha lebih baik lagi," tutupnya.

Reporter : Arif Tiarno
Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bernilai Ekonomi Tinggi, Warga Pesisir Muaragembong Kembangkan Budidaya Ikan Air Payau
EKONOMI   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis
EKONOMI   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik