Selasa, 07 Desember 2021

Kopi dan Lifestyle Anak Muda di Kabupaten Bekasi

EKONOMI   Jun 8, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 841 Kali


43IMG_20210608_061250.jpg


Diskusi Kopi Baladeka Radio

CIKARANG UTARA - Kopi menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dari semua lapisan baik tua ataupun muda. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, menikmati kopi bukan lagi perkara kenikmatan semata melainkan lifestyle yang banyak anak-anak muda cetuskan melalui kedai-kedai kopi serta cara penyajiannya.

Memasuki tahun 2000-an, dunia kopi banyak mengalami perkembangan melalui gagasan-gagasan baru dari enterpreneur muda. Penyajian yang disuguhkan juga mulai bervariasi dengan mencampurkan unsur seni yang dilakukan oleh barista (penyaji kopi profesional) serta munculnya kafe-kafe estetik yang memanjakan bagi para pengunjungnya.

Hal itu dikatakan oleh Barqy Cahaya Muhammad, selaku Senior Coffee Enthusiast yang menjadi narasumber dalam acara talkshow Ruang Publik Diskusi Kopi (Disko) bersama Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang berlangsung di Aula Baladeka Radio 107,8 FM, Jl Oerip Sumiharjo, Lemah Abang, Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Minggu (06/06/21) malam.

"Perkembangan eksistensi kopi ini mengalami peningkatan yang cukup bagus, ada peluang dan lifestyle baru muncul di kalangan anak-anak muda. Salah satu buktinya kita memiliki barista-barista terbaik dari Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Dalam acara yang juga dimeriahkan oleh grup musik etnik modern Garda Reksa Nusantara itu, Erik Bagus Saputra, Coffee Shop Owner menyebutkan sejak tahun 2018 kopi sudah menjadi gaya hidup anak-anak muda di Kabupaten Bekasi. Tingkat daya beli masyarakat Kabupaten Bekasi juga terbilang cukup tinggi terhadap olahan kopi.

"Bagi anak-anak muda sekarang lifestyle mereka ya ngopi di cafe atau tempat yang bagus, jadi yang diminum lifestyle-nya bukan kopinya. Mengenai daya beli masyarakat, saya sebulan bisa menjual 5.000 cup dengan berbagai macam varian. Tapi 60 persen yang terjual itu non kopi, seperti kopi susu dan kopi susu gula aren," jelasnya.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja yang hadir di tengah-tengah mereka juga turut mendukung para pelaku usaha ekonomi kreatif tersebut. Bupati Bekasi itu pun mengaku sebagai salah satu pecinta kopi, baginya, minum kopi adalah sesuatu yang nikmat di sela-sela kesibukannya menjadi pemimpin daerah.

"Saya juga pecinta kopi. Bagi saya minum kopi sangat asik sekali dan bisa memunculkan inspirasi di waktu yang tepat," ucapnya.

Turut hadir dalam acara itu, barista asal Kabupaten Bekasi yang telah memenangi berbagai macam kompetisi diantaranya, Indra Saputra Wijaya Juara 1 Battle Bekasi Empire (Arung Coffee) dan Juara 2 Aeropress Compotition (Coffee The Explorer) serta Aqshal Putra Pratama Juara 1 Manual Brewing Respati Compotition Jakarta, Juara 1 Public Manual Brewing Compotition Bekasi, Juara 2 Manual Brewing Festival Coffee Cikarang, Juara 2 Manual Brewing Dinas Pariwisata Karawang dan Tangerang.

"Barista adalah orang yang menyajikan kopi dari hati ke hati karena barista adalah profesi yang sangat totalitas," ucap Indra Saputra.

Reporter : Nurachman Akbar

Editor      : Tata Jaelani

 

Berita Lainnya

UMKM Bojongmangu Mengubah Tanaman Bambu Menjadi Karya Seni Bernilai Ekonomi
EKONOMI   Dec 7, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
CCEP Indonesia Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Lidah Buaya untuk Warga Sekitar Pabrik
EKONOMI   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
UMK Kabupaten Bekasi 2022 Diusulkan Naik 5,5 Persen
EKONOMI   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Perikanan Gelar Bazar Kuliner Olahan Ikan
EKONOMI   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bank BJB Dukung Pemkab Bekasi Majukan UMKM
EKONOMI   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik