Rabu, 10 Agustus 2022

Komitmen Dukung Produk UMKM, Pemkab Bekasi Gelar Bazar Batik Seraci

EKONOMI   Jul 1, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 314 Kali


id5094_Compress_20220702_071034_4049.jpg
BATIK SERACI : Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iyan Priyatna bersama Kepala BKPSDM, Abdillah Majid, saat menghadiri Bazar Batik Seraci di lobby Gedung Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (1/7/22). FOTO : DANI MOSES/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK

CIKARANG PUSAT - Pemerintah Kabupaten Bekasi, melalui Dinas Koperasi dan UKM, menggelar Bazar dengan mempromosikan produk hasil pengrajin UMKM lokal Batik Seraci, di lobby Gedung Bupati Bekasi, pada Jumat (01/07/2022).

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iyan Priyatna, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid, yang mendukung program agar ASN antusias membeli produk-produk UMKM batik yang ditampilkan.

Sekda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menyampaikan Bazar Batik Seraci yang digelar tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Bekasi dalam memajukan produk UMKM lokal dalam rangka pemulihan ekonomi dan melestarikan batik Bekasi.

"Pemerintah daerah dalam hal ini Pak Pj Bupati akan menerbitkan surat edaran yang mewajibkan semua ASN, pegawai pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mendukung produk UMKM," terang Sekda Dedy Supriyadi di sela-sela kunjungannya ke Bazar Batik Seraci Dinas Koperasi dan UKM.

Dedy melanjutkan, para ASN Pemkab Bekasi yang membeli produk UMKM diwajibkan melaporkan secara berkala apabila ingin mendapatkan eviden Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

"Tentunya ke depan, tidak hanya dari ASN, tetapi Dinas, Instansi, BUMN, BUMD dan swasta juga nanti akan kita imbau untuk membeli dan mencintai produk-produk lokal Kabupaten Bekasi, seperti batik, kuliner dan produk lainnya, sebagai awal komitmen," ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iyan Priyatna mengatakan, Gerai Batik Seraci di Pemda Bekasi saat ini tersedia di dua titik, yaitu di Koperasi KPPD dan Koperasi Dinas KUKM Kabupaten Bekasi.

"Nanti ke depannya akan saya perbanyak lagi konter-konter batik Bekasi sebanyak mungkin sehingga memudahkan ASN Bekasi untuk membeli produk UMKM," tutur Iyan.

Iyan menyebutkan, saat ini ada 8 titik pengrajin batik di wilayah Kabupaten Bekasi yang sudah menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM.

"Kita membutuhkan dukungan semua pihak untuk pemasaran produk-produk motif Bekasi ini, saya berharap Pemda menjadi pelopor dalam mendukung UMKM ini, dan ke depannya tidak hanya batik saja," jelasnya.

Dia berharap, ASN Kabupaten Bekasi mampu menjadi pelopor kemajuan produk UMKM lokal. Pihaknya juga akan memperbanyak gerai di SKPD dengan pameran yang beragam seperti kuliner dan sejenisnya.

Senada dengan itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Abdillah Majid menyampaikan, Pemkab Bekasi mewajibkan para ASN memakai batik Bekasi dari produk UMKM setiap Hari Jumat.

"Harapan saya dari BKPSDM seluruh pegawai di Kabupaten Bekasi memakai produk UKM untuk persiapan hari Jumat terutama batik," tutupnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj. Bupati Bekasi Hadiri Peluncuran Mobil Listrik Buatan Indonesia
EKONOMI   Aug 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Great Sale, Pemkab Bekasi Berikan Diskon 30 Persen Produk UMKM di 36 Outlet
EKONOMI   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Targetkan 500 UKM Masuk di Aplikasi Bebeli
EKONOMI   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Kunjungi PT Mattel Indonesia
EKONOMI   Aug 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Apresiasi Kontribusi PT Epson untuk Kabupaten Bekasi
EKONOMI   Aug 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik