Senin, 23 Mei 2022

Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Bantu Bersihkan Sampah di Kali Bancong

UMUM   Mar 17, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.226 Kali


id4375_Compress_20220317_205104_4049.jpg


SUKATANI - Mengatasi permasalahan sampah yang menumpuk dan menghambat laju aliran air Kali Bancong, Kodim 0509/Kabupaten Bekasi melakukan pembersihan sampah-sampah yang tersangkut di pintu air Kali Bancong, pada Kamis (17/03/22).

Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M. Horison Ramadhan menjelaskan, tumpukan sampah di pintu air itu harus diangkat karena bisa menjadi penyebab tersumbatnya aliran air di kali tersebut.

"Iya, hari ini kami melakukan karya bakti dengan membersihkan sampah-sampah yang tersangkut di sekitaran pintu air Kali Bancong di Kecamatan Sukatani," ucap Letkol Inf M. Horison.

Horison menerangkan, sebanyak 56 orang terlibat dalam giat karya bakti tersebut, bahu-membahu antara personel TNI dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup, para penggiat lingkungan serta masyarakat. Kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar meski harus dilakukan secara manual.

"Antusias dari masyarakat juga cukup tinggi, serta dibantu oleh pihak-pihak lainnya. Mereka sadar bahwa ini memang perlu dilakukan agar laju aliran air kali kembali lancar, dan kali terlihat bersih serta mengantisipasi bencana banjir akibat aliran airnya tidak lancar," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, sedikitnya puluhan kantong sampah besar berisi sampah-sampah rumah tangga dari kali tersebut berhasil diangkat sehingga kali terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Lebih lanjut, dirinya juga terus melakukan imbauan dan edukasi kepada masyarakat sekitar agar lebih peduli terhadap lingkungan mengingat di beberapa daerah bencana banjir masih saja terjadi. Ia mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi agar tidak melakukan tindakan membuang sampah ke aliran sungai atau kali.

"Sudah saatnya masyarakat juga mengambil andil dalam mengatasi bencana banjir dengan melakukan pengendalian terhadap sampah-sampah yang menumpuk dan akhirnya menyumbat aliran air Kali Bancong ini," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 10/Sukatani, Dansub Sektor 20 Citarum Harum, Dinas LH dan Kebersihan Sukatani, Babinsa Desa Sukamanah, Babinsa Koramil 10/Sukatani, Tim Citarum Harum Sektor 20.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Momentum Bangkit Bersama Pulihkan Perekonomian Nasional
UMUM   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atlet Catur Kabupaten Bekasi Kembali Sumbang Medali Emas
UMUM   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PAUD dan TK Diingatkan Agar Tetap Terapkan Prokes
UMUM   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Pelantikan Pengurus Kosgoro 1957
UMUM   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Komitmen Percepatan Penurunan Angka Stunting
UMUM   May 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik