Sabtu, 24 Februari 2024

Ketua Kwarran Ajak Anggota Pramuka Kembangkan Diri Bangun Semangat Generasi Milenial Berkarakter

PENDIDIKAN   Nov 24, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 305 Kali


id8713_WhatsApp Image 2023-11-24 at 17.57.33.jpeg
GERAKAN PRAMUKA : Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Cikarang Utara Romdoni Sugianto Hasan membuka kegiatan Perkemahan Kamis Jumat (Perkamju) yang diselenggarakan SDIT Arrahmah Bani Hasan di Pemancingan Surya Kencana, Cikarang Utara pada Jumat (24/11/2023). foto Andre M. Jafar

CIKARANG UTARA - Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Cikarang Utara Romdoni Sugianto Hasan membuka kegiatan Perkemahan Kamis Jumat (Perkamju) yang diselenggarakan SDIT Arrahmah Bani Hasan di Pemancingan Surya Kencana, Cikarang Utara pada Jumat (24/11/2023).

Menurutnya, kegiatan perkemahan itu memiliki nilai positif dan sangat strategis bagi Gerakan Pramuka, dalam upaya memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan.

“Menjadi simpul pengikat rasa persatuan dan kesatuan serta rasa pengabdian yang sangat tinggi dan luhur, baik sebagai anggota Pramuka, maupun sebagai bangsa Indonesia,” kata Ketua Kwarran Gerakan Pramuka, Romdoni Sugianto Hasan.

Romdoni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter anggota Pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung jawab. Selain itu, memiliki rasa peduli terhadap masyarakat, meningkatkan pengetahuan, keterampilan  serta ajang silaturahmi bagi siaga.

"Agar anggota Pramuka dilatih untuk menjadi pemimpin yang berkarakter serta menjadikan pribadi yang disiplin dalam mengamalkan Tri Satya serta Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Selain itu, anggota Pramuka juga selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Bahkan, anggota Pramuka selalu siap menghadapi hal yang tak terduga terjadi.

"Gerakan Pramuka harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme. Kegagalan hanya dibuat oleh mereka yang gagal untuk berani, bukan oleh mereka yang berani gagal, " katanya.

Anak usia Siaga, Penggalang, dan Penegak merupakan tahapan usia yang paling menentukan bagaimana karakter, kepribadian, dan sikap anak di masa dewasa. Karena pada usia dini seorang anak memasuki masa golden age. Yaitu masa dimana perkembangan otak anak bekerja secara optimal dalam menerima segala informasi terangnya.

"Dengan kegiatan Pramuka ini melatih disiplin anak hingga jika pada usia tersebut, anak didik dengan baik maka akan terbentuk kepribadian anak yang baik pula," tambahnya.

Dirinya juga menghimbau kepada adik-adik Pramuka untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dengan gembira tetapi penuh dedikasi, disiplin, tanggung jawab dan bersungguh sungguh.

Reporter : Andre M. Jafar

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

17 Peserta dari Sekolah Terpilih, Ikuti Pameran Literasi Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Feb 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disnaker Kabupaten Bekasi Beri Pembekalan Sekolah Siap Kerja di SMKN 2 Cikarang Barat
PENDIDIKAN   Jan 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ria Dani Ramdan Resmikan Sentra Edukasi Keluarga di Kampung KB Lestari Jaya
PENDIDIKAN   Dec 24, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
SDN 03 Setia Mekar Akan Segera  Dibangun Dua Tingkat
PENDIDIKAN   Dec 13, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
SDN Kertajaya 01 Pebayuran Sabet Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Jawa Barat 2023
PENDIDIKAN   Dec 12, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik