Minggu, 28 November 2021

Kecamatan Sukawangi Ajak BPD Bersinergi Membangun Desa

PEMERINTAHAN   Oct 27, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.079 Kali


76IMG_20211027_170452.jpg


SUKAWANGI – Pemerintah Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi mengajak peran serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam membangun desa-desa yang ada di wilayahnya menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Sukawangi, Amo Katmojo mengatakan sinergitas antara BPD dengan kepala desa akan mendorong kemajuan pembangunan desa. 

"Untuk meningkatkan kinerja dan peran serta BPD dalam membangun desa, kami pemerintah Kecamatan Sukawangi telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas BPD se-Kecamatan Sukawangi di Hotel Gran Hani Lembang beberapa minggu lalu. Kegiatan ini bertujuan agar BPD bisa bersinergi dalam menjalankan program-program di desa, salah satunya memajukan desa agar bisa lebih mandiri dan sejahtera," kata Amo saat di temui di Kantor Kecamatan Sukawangi, pada Selasa (26/10/2021).

Amo menambahkan melalui kegiatan Bimtek ini kedepannya bisa meningkatkan kapasitas, serta diharapkan BPD bisa lebih memahami dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pengurus atau anggota BPD.

Menurutnya, sebagai unsur kelembagaan desa, BPD merupakan mitra kepala desa yang harus bersinergi untuk bisa melihat kondisi di masing-masing desa. 

"Jadi untuk pengurus atau anggota BPD harus mengerti akan tugas-tugasnya dalam meningkatkan kulitas dan efektivitas, salah satunya dengan melakukan musyawarah, menampung aspirasi, pengawasan yang melekat terkait kinerja perbekel yang telah disetujui bersama, dan meningkatkan hubungan keharmonisan antara kelembagaan dalam membangun desa," tambahnya.

Selain itu Amo berharap dalam menjalankan tugasnya, anggota BPD harus bisa menghindari konflik dan arogansi antara aparat desa dengan masyarakat, yang dapat menimbulkan keributan atau kerusuhan. 

"Karena itu BPD harus memperkuat koordinasi dan meningkatkan kulitas SDM," kata Amo.

Reporter : Ike Sopiah

Editor     : Yus Ismail

 

 

 

 

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik