Rabu, 01 Desember 2021

Kecamatan Kedungwaringin Siapkan Skema Penanganan Banjir

PEMERINTAHAN   Nov 15, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 144 Kali


id3657_IMG_20211115_211735.jpg


KEDUNGWARINGIN – Pemerintah Kecamatan Kedungwaringin melakukan persiapan menghadapi potensi banjir seiring dengan meningkatnya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir. 

Dengan berkaca pada banjir yang melanda Kecamatan Kedungwaringin pada tahun lalu, Pemerintah Kecamatan Kedungwaringin memetakan desa-desa yang pernah dilanda banjir.

“Ada enam desa yang pada tahun lalu terdampak banjir, yakni Desa Bojongsari, Desa Kedungwaringin, Desa Waringinjaya, Desa Mekarjaya, Desa Karangmekar dan Desa Karangsambung. Namun Desa Karangsambung tidak begitu parah sehingga hanya ada Lima desa yang dampaknya cukup parah,”ucap Camat Kedungwaringin, Asan Asari pada Senin, (15/11/21).

Asan Asari mengatakan, langkah yang telah dilakukan sebagai antisipasi dini terjadinya banjir di wilayahnya, pihaknya menggelar rapat kordinasi bersama Muspika dan para kepala desa untuk menentukan langkah penanganan yang akan diambil.

"Dari rapat tersebut, maka kita akan membentuk posko pemantauan di Desa Kedungwaringin yang sering meluap dari Kali Cipamingkis serta Desa Bojongsari dari Kali Cibeet, kita juga mengadakan simulasi evakuasi bagi korban banjir dengan melibatkan aparat desa seperti Linmas dan Kasi Trantib,”katanya.

Pemerintah Kecamatan Kedungwaringin akan memanfaatkan fasilitas umum dan fasilitas sosial sebagai tempat pengungsian jika dampak banjir dirasa cukup parah sehingga warga yang terdampak akan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Sama seperti tahun lalu, tempat evakuasi masih memanfaatkan rumah tokoh masyarakat, tempat ibadah (masjid dan mushola), sekolah, aula desa dan kecamatan. Kita juga akan berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi terkait kebutuhan yang diperlukan saat banjir,”ucapnya.

Asan menambahkan pihaknya akan menyediakan dapur umum, dengan melihat pada urgensi banjir jika melanda Kecamatan Kedungwaringin pada tahun ini.

"Kita siapkan sebanyak tiga dapur umum, jika banjirnya cukup parah maka akan kita tambah menjadi enam titik,”ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Camat Sukatani : Maulid Nabi Momentum untuk Memperbaiki Diri dan Teladani Sifat Rasulullah
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Mengambil Sumpah/Janji 464 PNS di Lingkungan Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi P4GN
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Rapat Paripurna Penetapan APBD Tahun 2022
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan
PEMERINTAHAN   Nov 29, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik