Sabtu, 26 November 2022

Kawal Siaga Bencana, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Siapkan Tim Gerak Cepat dan PSC 119

PEMERINTAHAN   Oct 31, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 310 Kali


id6035_Compress_20221031_194103_3710.jpg
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah

CIKARANG PUSAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi siap mendukung kesiapsiagaan bencana dengan menyiagakan Tim Gerak Cepat di setiap Puskesmas. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah mengatakan, selain tim gerak cepat, pihaknya juga menyiapkan aplikasi Bekasi Response Online (Sirine) yang akan mengirimkan notifikasi ketika terjadi bencana. 

"Jadi kalau ada bencana di suatu tempat, aplikasi Sirine itu memberikan notifikasi bahwa ada bencana di tempat itu, sehingga tim reaksi cepat di Puskesmas dan Dinas Kesehatan langsung bergerak," kata Alamsyah, usai acara Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022, yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Senin (31/10/22). 

Tak hanya itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekas juga menyiagakan Public Safety Center (PSC) 119 sebagai layanan tanggap darurat kesehatan. 

"Ya, kita juga punya PSC 119 yang siap untuk antisipasi dan gerak kalau ada terjadi kejadian bencana di lapangan, untuk mempercepat pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera,” terangnya. 

Sebelumnya, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022, digelar untuk mengecek kesiapan personil, logistik dan peralatan, sebagai antisipasi terjadinya bencana. 

Kegiatan tersebut, kata Dani, juga untuk membangun koordinasi dan sinergitas, serta menyiapkan sistem komando, guna memantapkan peran kolaborasi pentahelix dan stakeholder dalam penanggulangan bencana.

"Kita tidak pernah berharap adanya bencana, tetapi ketika terjadi bencana, seluruh personil, baik aparat TNI, Polri, ASN, maupun relawan, semuanya siap dalam penanggulangannya," ujarnya.

Editor : Yus Ismail

 

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Instruksikan BPBD Kabupaten Bekasi Tangani Maksimal Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Di HUT Korpri Ke-51, Pj Bupati Bekasi Berharap Budayakan Jalan Sehat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat se-Kabupaten Bekasi Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disnaker Dorong LPK Berikan Pelatihan dengan Kebutuhan Industri Terkini
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik