Kamis, 06 Oktober 2022

Kabupaten Bekasi Tuan Rumah Bersama Porprov XIV Jabar 2022

OLAH RAGA   Sep 3, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.226 Kali


id5606_Compress_20220903_005756_6444.jpg
Digawangi Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Yunyun Yudiana. Tim Monitoring KONI Jawa Barat melakukan pembahasan kesiapan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar 2022 di Aula BPBD Kabupaten Bekasi. DANI IBRAHIM/ NEWSROOM/ Diskominfosantik

CIKARANG PUSAT -- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat akan berlangsung pada 12-19 November 2022. Pada olahraga multi event empat tahunan ini, Kabupaten Bekasi resmi menjadi tuan rumah untuk sejumlah Cabang Olahraga (Cabor).

Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Yunyun Yudiana menyatakan, saat ini Jawa Barat sudah menetapkan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah untuk lima cabor yang sudah ditetapkan.

"Kalau melihat venue di Kabupaten Bekasi dan memperhatikan kesiapannya saya bisa akumulasikan, dirata-ratakan bisa di angka 85 persen," ujarnya usai rapat monitoring di Aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi pada, Jumat (2/9/2022).

Adapun lima cabor yang saat ini baru ditetapkan yakni Sepatu Roda, untuk Cabor Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi). Panahan, Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani). Tenis Lapang, Persatuan Tennis Lapangan Seluruh Indonesia (PELTI). Bulu Tangkis, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Tarung Drajat.

Kaitan kesiapan untuk lima venue tersebut, Yunyun menegaskan, dipastikan lima Cabor untuk Kabupaten Bekasi pada Porprov 2022 nanti sudah siap. Secara umum, empat Cabor sudah 95 persen.

"Sementara fix lima cabang olahraga, Yang paling siap untuk venue, empat siap tinggal tenis lapang. Sisa venue, hampir 95 persen siap. Namun, lapangan tenis saja," terangnya.

Dirinya berharap, lapangan tenis bisa selesai dalam satu bulan. Hasil peninjauan tim Monitoring Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, kondisinya 50 persen.

"Diharapkan satu bulan bisa selesai," imbuhnya.

Yunyun menambahkan, banyaknya venue di Kabupaten Bekasi sangat memungkinkan untuk penambahan cabor. Bahkan, hasil audiensi dengan Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) dan KONI Kabupaten Bekasi, sejumlah opsi penambahan cabor sudah ditawarkan.

Kaitan ini pun, dirinya mengungkapkan, bahwa hasil monitoring ke wilayah lain yang menjadi tuan rumah masih ada beberapa cabor yang belum stabil.

"Memang sampai saat ini ada beberapa cabang olahraga yang masih ragu berada dimana, karena tuan rumahnya juga kemarin sempat menyampaikan bahwa belum stabil (belum siap). Sehingga kami berharap, agar ada yang bisa mengatasi hal itu," tuturnya.

Dalam hal ini, Yunyun memastikan, bahwa Kabupaten Bekasi siap. Bahkan, aman membantu dalam rangka penyelenggaraan di Kabupaten Bekasi.

"Tadi dengan Pak Kadis, apabila cabang olahraga itu belum ada yang bisa menampung dalam rangka penyelenggaraan, Kabupaten Bekasi siap membantu untuk Porprov," tambahnya.

Sementara itu, hasil monitoring venue dengan tim KONI Jawa Barat, kata Yunyun, tiap tuan rumah sudah memiliki kesiapan. Hasil persentase sementara 80 persen untuk Subang, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Garut.

"Semua sudah siap," tutupnya.

Di lokasi yang sama Ketua KONI Kabupaten Bekasi, Reza Luthfi Hasan mengatakan, tim KONI Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi untuk Kabupaten Bekasi selama dua hari, pada 1 dan 2 September 2022.

Tim monev sendiri, difokuskan pada lima venue sementara yang sudah ditetapkan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan, dan akan digunakan di Porprov 2022.

"Kemungkinan lebih dari lima cabang. Saat ini pun, KONI Kabupaten Bekasi sudah membahas kaitan kesiapan venue untuk dua cabor baru yakni Kurash dan Sambo,” katanya.

Bahkan, Reza menjelaskan, untuk Cabang Sepatu Roda atau Perserosi, venue yang akan digunakan lebih dari satu. Sub cabor, yakni skateboard juga akan disiapkan di sekitar Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

“Pada Cabor Perserosi, yang kita siapkan terdiri dari venue skateboard di Wibawa Mukti. Untuk speed dan freestyle di sirkuit Persesosi Grand Wisata. Dan marathon di jalan raya, wilayah Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Tidak sampai disitu, Reza menegaskan, bahwa sejumlah cabor lain dari tuan rumah juga akan dipindahkan.

“Termasuk cabor renang juga kami tunggu kepastiannya dari Jabar. Selebihnya, kita masih menunggu lima cabor lainnya dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Garut,” tukasnya.

Reza meminta, masyarakat Kabupaten Bekasi untuk mendukung kelancaran, pelaksanaan Porprov Jabar tahun 2022.

“Kami mohon doa dan dukungan juga dari masyarakat, agar kontingen Kabupaten Bekasi, bisa kembali juara umum di Porprov,” tukasnya.

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Peparda VI Jawa Barat 2022, Diramaikan Banyak Atlet Nasional
OLAH RAGA   Sep 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Porprov Jabar, Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bekasi Maksimalkan Try In dan Try Out
OLAH RAGA   Sep 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kabupaten Bekasi Tuan Rumah West Java Swimming Championship Series III Tahun 2022
OLAH RAGA   Sep 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Peparda, NPCI Kabupaten Bekasi fokus Tingkatkan Kekuatan Fisik Atlet
OLAH RAGA   Sep 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
90 Persen Venue Porprov Kabupaten Bekasi Sudah Siap
OLAH RAGA   Sep 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik