Sabtu, 26 November 2022

Isi Kekosongan Jabatan, Abdul Rachmat Resmi Jadi Pj Kepala Desa Cibening

PEMERINTAHAN   Oct 7, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 320 Kali


id5863_Compress_20221007_152013_3979.jpg
PELANTIKAN PJ KADES CIBENING : Pemerintah Kecamatan Setu melantik dan mengambil sumpah jabatan Pj Kepala Desa Cibening, Abdul Rachmat di Aula Kantor Desa Cibening. Kamis (06/10/22) sore.

SETU - Abdul Rachmat, S. STP secara resmi dilantik sebagai Penjabat Kepala Desa Cibening Kecamatan Setu, menggantikan kepala desa sebelumnya, Suryandi Effendi yang meninggal dunia. Acara pelantikan berlangsung di Kantor Desa Cibening, pada Kamis (06/10/2022) sore. 

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Setu, M. Ali Amran mengatakan, sesuai dengan arahan Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan. Pj Kepala Desa ini memiliki tugas untuk melanjutkan roda pemerintahan dan menghantarkan Desa Cibening pada Musyawarah Desa (Musdes) Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

"Jadi tugasnya adalah segera koordinasi, komunikasi, dengan semua tokoh masyarakat, untuk meneruskan program kepala desa sebelumnya. Serta yang paling penting adalah menghantarkan pada Musdes Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu," ucap Ali Amran.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj kepala desa tersebut berdasarkan aturan dan mekanisme sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Desa Cibening.

Ali juga menjelaskan terkait hak dan wewenang dari Pj Kepala Desa Cibening yang telah dilantik dengan kepala desa definitif dalam menjalani roda pemerintahan di desa termasuk dalam pengambilan keputusan strategis.

“Iya sesuai dengan aturan bahwa hak dan wewenangnya sama antara Pj kepala desa dengan kepala desa definitif, mulai dari pengelolaan keuangan, terkait administrasi, termasuk pada pengambilan keputusan strategis,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) dapat terlaksana melalui Musyawarah Desa, sehingga mampu memunculkan Kepala Desa PAW yang berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.

Usai dilantik, Pj Kades Cibening, Abdul Rachmat mengatakan akan segera mengumpulkan perangkat desa untuk membentuk panitia Musdes, sesuai tahapan dalam prosedur yang berlaku.

"Saya segera berkoordinasi dengan perangkat desa, agar sisa masa jabatan ini dapat menjalankan program baru yang bisa diterapkan dengan dukungan BPD dan masyarakat," jelas dia.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK), Abdul Rachmat menjabat hingga terpilihnya kepala desa hasil pemilihan antar waktu (PAW) lewat Musyawarah Desa.

Abdul Rachmat sebelumnya pernah menjadi staf pada Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, dan kini berkiprah sebagai penyusun bahan kebijakan Sub Unit Perangkat Daerah Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Instruksikan BPBD Kabupaten Bekasi Tangani Maksimal Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Di HUT Korpri Ke-51, Pj Bupati Bekasi Berharap Budayakan Jalan Sehat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat se-Kabupaten Bekasi Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disnaker Dorong LPK Berikan Pelatihan dengan Kebutuhan Industri Terkini
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik