Rabu, 24 April 2024

Hadiri Forum Perangkat Daerah se-Jabar, Kabupaten Bekasi Siap Dukung Jawa Barat Menjadi Smart Province

PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.331 Kali


id9181_WhatsApp Image 2024-02-21 at 19.58.44.jpeg
SMART PROVINCE : Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia (Putih) didampingi oleh Sub Kordinator Pranata Humas, Shintia Rose Marini (Hitam) dan Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian, Fitri Nurul Hidayanti (merah) menghadiri Forum Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se - Jawa Barat, di Fieris Hotel Kertajati, Rabu (21/02/24). FOTO : Nurachman Akbar

MAJALENGKA – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi menghadiri Forum Perangkat Daerah dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian. Dengan mengangkat tema “Orkestrasi smart province dan smart city/regency dalam rangka simplifikasi layanan aduan terintegrasi”.

Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia mengatakan, Forum Perangkat Daerah tersebut adalah untuk mensinkronisasi arah pembangunan yang dilakukan oleh daerah-daerah, khususnya dalam membangun smart city guna merealisasikan smart province di Jawa Barat.

“Jadi forum ini adalah Forum Diskominfo se-Jawa Barat di mana rencananya akan dilakukan sinergi kegiatan, karena memang perlu ada satu sinergi di provinsi. Di dalamnya membahas tentang program smart province, nanti didukung oleh smart city di masing-masing kota/kabupaten. Salah satunya di Kabupaten Bekasi,” ujar Yan Yan Akhmad Kurnia, usai mengikuti forum tersebut di Fieris Hotel Kertajati pada Rabu (21/02/2024).

Yan Yan menjelaskan, Program Smart City di Kabupaten Bekasi sendiri masih terus berjalan progresnya. Bahkan Smart City di Kabupaten Bekasi juga sudah dilakukan evaluasi oleh Kementrian Komunikasi Informasi untuk pelaksanaannya serta meraih predikat baik.

“Smart city di Kabupaten Bekasi dikategorikan pelaksanaannya dengan predikat baik, artinya beberapa program yang memang sudah direncanakan dalam program Smart City sudah berjalan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh Kepala Dinas Kominfosantik se–Jawa Barat menandatangani berita acara serta penandatanganan perjanjian kerja sama Jabar Saber Hoaks.

Kaitan dengan tema forum yang diangkat, yakni simplifikasi layanan aduan terintegrasi. Di situ juga membahas tentang orkestrasi layanan SP4N-LAPOR kabupaten/kota di Jawa Barat. Di Kabupaten Bekasi sendiri, SP4N-LAPOR sudah berjalan tiga tahun sebagai aplikasi layanan publik yang digunakan oleh seluruh perangkat daerah.

“Kita sudah menjalankan SP4N-LAPOR ini sebagai layanan publik bagi seluruh perangkat daerah, setiap tahunnya kita lakukan evaluasi dan beberapa hari kedepan juga kita lakukan penguatan untuk pengelolaan SP4N-LAPOR di Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Yan Yan juga menambahkan, selain melakukan evaluasi secara berkala, pemerintah daerah juga terus memberikan motivasi untuk meningkatkan peran aktif dari seluruh perangkat daerah dalam pengelolaan SP4N-LAPOR.

“Jadi perangkat daerah yang progresnya paling bagus kita berikan penghargaan,” tambahnya.

Forum Perangkat Daerah dan Kabupaten/Kota se – Jawa Barat, Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian tersebut dibuka oleh Plh. Asisten Administrasi Umum Provinsi Jabar, Hening Widiatmoko dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah.

Reporter : Akbar Nurachman
Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta Perumda Tirta Bhagasasi Tingkatkan Layanan Air Bersih untuk Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Penari, Puskesmas Sukaindah Targetkan 100 Persen Imunisasi Balita
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pawai Ta'aruf MTQ ke-38 Jawa Barat Bakal Digelar di Central Park Meikarta
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik