CIKARANG SELATAN – BPJS Kesehatan terus memperluas jangkauan layanan melalui program BPJS Keliling yang kali ini hadir di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan. Kegiatan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan administrasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tanpa perlu datang ke kantor cabang.
Melalui BPJS Keliling, warga dapat mengurus berbagai keperluan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data, hingga konsultasi seputar program JKN.
“Cukup datang ke lokasi layanan keliling di desa, masyarakat tidak perlu ke kantor cabang,” ujar Sudiyanti, Kepala Cabang Cikarang BPJS Kesehatan. Kamis (12/06/2025).
Ia menambahkan, cukup membawa Kartu Keluarga (KK) asli tanpa perlu fotokopi, sehingga proses lebih cepat dan praktis. Layanan ini didukung sinergi bersama pemerintah desa dan fasilitas kesehatan setempat.
"Lokasi dipilih di tempat yang mudah dijangkau seperti balai desa, puskesmas, atau kantor kecamatan. Kolaborasi dengan pemerintah desa sangat penting agar masyarakat benar-benar terbantu,” tambahnya.
Selain layanan keliling, BPJS Kesehatan juga menyediakan kanal digital seperti aplikasi Mobile JKN dan layanan Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses layanan dari rumah.
Jadwal kegiatan BPJS Keliling dapat dipantau melalui akun Instagram resmi @cikagooo_news atau langsung ke petugas di lapangan.
“Harapan kami, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan maksimal. Kami hadir sebagai mitra masyarakat untuk memastikan hak atas jaminan kesehatan terpenuhi,” pungkas Sudiyanti.
Salah satu warga yang hadir dalam layanan ini, Mai Tri Gesang (43), warga Perumahan TJI 3, Desa Sukadami, mengaku puas dengan pelayanan BPJS Keliling.
“Saya ke sini untuk mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk lima anggota keluarga. Prosesnya cepat, tidak sampai setengah jam sudah selesai,” ujar Mai Tri.
Ia mengetahui informasi layanan BPJS Keliling dari grup RT di perumahannya. Menurutnya, kehadiran layanan ini sangat membantu karena sebelumnya belum sempat mengurus langsung ke kantor cabang.
“Pelayanannya bagus, informasinya jelas. Harapannya semoga bisa terus ditingkatkan dan menjangkau lebih banyak wilayah sekitar,” tuturnya.
Kehadiran BPJS Keliling juga dirasakan manfaatnya oleh warga dari luar Sukadami. Wawan Setiawan (35), warga Griya Mulia Indah, Serang Baru, memanfaatkan layanan untuk memindahkan fasilitas kesehatan (faskes) keluarganya.
“Anak saya faskes-nya berbeda, dan kemarin verifikasi wajah lewat aplikasi gagal terus. Katanya harus ke kantor cabang. Tapi pas tahu ada BPJS Keliling di sini, saya langsung ke sini setelah pulang kerja,” kata Wawan, yang bekerja malam hari.
Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan ini, karena tak perlu antre panjang seperti di kantor cabang.
“Kalau bisa ke depan, BPJS Keliling juga mampir ke wilayah kami di Serang Baru. Jadi lebih dekat, lebih banyak yang terbantu,” harapnya.
Reporter : Jaja Jaelani
Berita Lainnya
TERPOPULER BULAN INI
Pengunjung hari ini : 8
Pengunjung Bulan ini : 145632
Total Pengunjung : 4102344