Kamis, 06 Oktober 2022

Dua Desa Wakili Kecamatan Cibarusah dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani

PEMERINTAHAN   Aug 10, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 350 Kali


id5390_Compress_20220810_062316_6752.jpg
LOMBA KAMPUNG BERSIH MAKIN BERANI : Tim 5 Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani melakukan penilaian pada lokus Perumahan Bagasasi RW 013 kategori perumahan, didampingi Pemerintah Kecamatan Cibarusah, Kepala Desa Sindangmulya dan perangkat RW dan RT setempat. Selasa (09/08/22). / Foto : Nurachman Akbar/Newsroom Diskominfosantik

CIBARUSAH – Desa Sindangmulya dan Desa Sirnajati menjadi perwakilan dari Kecamatan Cibarusah dalam ajang perlombaan Kampung Bersih Makin Berani yang digagas Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 72.

Sekretaris Camat (Sekcam) Cibarusah, Sukarmawan mengatakan, pemilihan lokus dari dua desa yang mewakili wilayahnya dalam ajang Lomba Kampung Bersih Makin Berani berdasarkan hasil lomba tingkat Kecamatan Cibarusah yang sebelumnya diikuti oleh seluruh desa se-Kecamatan Cibarusah.

Dari hasil lomba tingkat kecamatan tersebut, diputuskan bahwa Desa Sindangmulya (Perumahan Bagasasi) mewakili Lomba Kampung Bersih Makin Berani kategori perumahan dan Desa Sirnajati untuk kategori perkampungan.

“Iya memang kita melihat dari dua desa inilah aspek dan poinnya sudah memadai untuk mewakili Kecamatan Cibarusah, baik dari kategori perumahan dan perkampungan. Dua desa ini dianggap memiliki keunggulan baik dari sisi keindahan, kebersihan dan keamanan lingkungannya,” ucap Sukarmawan, saat mendampingi tim 5 dalam penilaian lomba Kampung Bersih Makin Berani di Perumahan Bagasasi Desa Sindangmulya, Selasa (09/08/22).

Kepala Desa Sindangmulya, Selpia Indriyani menambahkan, Perumahan Bagasasi RW 013 dipilih untuk mewakili Desa Sindangmulya dan Kecamatan Cibarusah karena memiliki potensi-potensi yang sangat besar melalui pemberdayaan masyarakatnya. Inovasi yang telah berjalan di RW 013 diantaranya, bank sampah yang sudah menghasilkan beberapa fasilitas umum yaitu Pos Kamling, sarana olahraga hingga taman ramah anak.

“RW 013 ini sangat inovatif, mereka mengelola bank sampah yang mampu menghasilkan nilai ekonomis untuk membangun sarana umum, sarana olahraga juga cukup lengkap sekaligus pemusatan Kampung Pancasila, lalu ada juga taman ramah anak, ketahanan pangan berupa budidaya ikan dan ketersediaan sarana tempat parkir umum,” katanya.

Lebih lanjut, Mohamad Ridwan Staff Dinas Ketenagakerjaan selaku tim 5 penilai Kampung Bersih Makin Berani menjelaskan, korelasi aspek-aspek yang menjadi poin dalam penilaian Kampung Bersih Makin Berani ini sudah berjalan berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan secara langsung.

Penataan lingkungan berupa kebersihan, keindahan, kerapihan lingkungan menjadi aspek yang paling penting dalam penilaian ini. Selain itu dari aspek keamanan diantaranya, siskamling, pemasangan cctv hingga aspek tambahan jika tempat tersebut pernah mendapatkan prestasi, baik dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Iya kita tadi sudah melakukan penilaian dari berbagai aspek dan poin yang telah berjalan atau diterapkan di lokus ini, semuanya sudah memenuhi kriteria yang dimaksud. Tinggal bagaimana nanti dirembukan kembali untuk mencari yang terbaik pada kategori masing-masing,” ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

 

Berita Lainnya

BPBD Perkuat Sinergi dengan FPRB dan Destana dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibitung Optimistis Kabupaten Bekasi Hattrick Juara P2WKSS Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Laporan Kinerja Pj Bupati Bekasi ke Mendagri Dinilai Baik dan Memadai
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Siaga Bencana, Pemkab Bekasi Optimalkan Peran Destana dan FPRB
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau ASN Beli Produk dari Toko Daring Bebeli
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik