Jumat, 03 Februari 2023

DPMD Kabupaten Bekasi Kembangkan Inovasi Sadatayu

PEMERINTAHAN   Sep 22, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 355 Kali


id5733_WhatsApp Image 2022-09-22 at 17.08.49.jpeg
RAPAT KERJA POKJANAL - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, memberikan pemaparan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi perkembangan seluruh posyandu se- Kabupaten Bekasi, bersama para sekretaris camat se- Kabupaten Bekasi, di Ruang Rapat Sekda Gedung Bupati Bekasi, Kamis (22/09/22). FOTO: NURACHMAN AKBAR/NEWSROOM DISKOMINFO KAB BEKASI.

CIKARANG PUSAT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi menggelar Rapat Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu), yang diikuti oleh seluruh sekretaris camat yang juga  ketua Pokjanal di masing-masing wilayah di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Gedung Bupati Bekasi, pada Kamis (22/09/22).

Kepala Bidang Kelembagaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Min Aminah mengatakan dalam pemuktahiran data Posyandu yang ada di setiap kecamatan dan pihaknya bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Bekasi mengembangkan inovasi Satu Data Posyandu (Sadatayu) agar dapat disinkronkan dan memperbaharui jumlah dan tingkatan posyandu sesuai dengan kondisi yang nyata.

“Kita akan melaunching Sadatayu sebagai suatu sistem informasi terkait Posyandu, karena selama ini datanya masih manual dan masih terdapat perbedaan antara fisik dan data yang ada. Untuk itu Sadatayu ini akan menjadi sistem terintegrasi demi mengumpulkan data di tingkat kabupaten secara aktual,” ucap Min Aminah seusai rapat.

Dalam pemaparan masing-masing ketua Pokjanal setiap kecamatan, pihaknya juga mengakurkan data jumlah Posyandu di setiap kecamatan serta perkembangan tingkatan posyandu menjadi data terbaru.

Min Aminah juga menyampaikan, saat ini seluruh posyandu di Kabupaten Bekasi mengalami peningkatan dan dengan sudah tidak ada lagi Posyandu dengan tingkat pratama.

 “Alhamdulillah, saat ini Kabupaten Bekasi sudah tidak ada lagi Posyandu Pratama dan target 37 Persen Kabupaten Bekasi miliki Posyandu Mandiri sudah terlaksana dan mudah-mudahan target selanjutnya 65 persen juga dapat kita kejar,” ujarnya.

Berikut tingkat perkembangan Posyandu yang secara umum dibedakan atas 4 tingkat (strata) sebagai berikut: Posyandu Pratama, Posyandu Madya, Posyandu Purnama, dan Posyandu Mandiri. (*)

REPORTER: NURACHMAN AKBAR

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Launching Program Gematapas, Kantor Pertanahan Ajak Masyarakat Patok Batas Tanah
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tinjau TPA Burangkeng, Dani Ramdan Buka Dialog dengan Warga
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan Dinsos, Disperkimtan Bantu Rutilahu Warga Miskin Ekstrem
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jalin Sinergi dengan Komunitas Medsos, Diskominfosantik Gelar Ngobak
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
107 Kilometer Jalan Akan Dibangun Pemkab Bekasi di Tahun 2023
PEMERINTAHAN   Feb 2, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik