Rabu, 24 April 2024

Disbudpora Tangani Cedera Atlet dengan Jaminan Sosial

OLAH RAGA   Mar 8, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.122 Kali


id6807_IMG-20230308-WA0133.jpg
PROGRAM : Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi akan mengcover para atlet serta pelatih yang cedera dengan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

CIKARANG UTARA - Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi akan mengcover para atlet serta pelatih yang cedera dengan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi Juniardiana Rosatijawan menjelaskan jika jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan penting bagi para atlet. Apalagi, setiap kegiatan para atlet memiliki resiko cedera baik atlet usia dini maupun atlet profesional.

"Kegiatan ini baru di mulai tahun ini, selama ini kita hanya memberikan pembinaan terhadap kelembagaan, sekarang sudah mulai spesifik seperti penanganan cedera serta banyak kegiatan yang diselenggarakan pada tahun ini," ujar Juniardiana setelah selesai membuka kegiatan Pembinaan Dasar Penanganan Cedera Olahraga di Java palace pada Rabu (8/3).

Juniardiana menyampaikan,  para olahragawan dipastikan akan tercover BPJS ketenagakerjaan, baik para atlet maupun pelatih disetiap event olahraga.

"Kita sudah mengcover setiap kegiatan serta sudah bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan ternyata banyak sekali para atlet yang cedera yang selama ini kami sudah tangani dengan optimal," katanya.

Sementara itu, Kabid Pembudayaan Olahraga Disbudpora Kabupaten Bekasi, Yudi Candra Permana mengatakan, kegiatan ini digelar selama tiga hari mulai tanggal 08 -10 Maret 2023 dengan narasumber dari Universitas Muhamadiyah Cirebon, serta dari Perhimpunan Fisioterapi Olahraga Indonesia (PFOI).

"Sehingga para atlet, pelatih serta para guru olahraga bisa sama-sama memahami bagaimana menangani cedera awal? Supaya antisipasi jangan sampai cedera lebih parah lagi," tambahnya.

Yudi menyampaikan tujuan dari kegiatan ini, untuk mengantisipasi dan meminimalisir cedera yang lebih parah untuk para atlet serta pelatih.

 Aplagi atlet menjadi investasi utama  terhadap prestasi olahraga yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Jangan sampai atlet kita tidak terfokus bagaimana penanganan cedera, sehingga kedepannya malah berbahaya serta kurang bagus untuk pembinaanya," tambahnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 35 peserta dari organisasi olahraga  KONI, Igornas, Bapopsi, Kormi serta Askab.

"Kedepan kita akan jadikan kegiatan rutin, karena di organisasi tersebut juga membutuhkan pembinaan dan penanganan dasar terkait dengan cedera olahraga," ujarnya.

Dia berharap dengan digelar kegiatan pembinaan cedera bagi para olahraga bisa mengenal ilmu dasar tentang olahraga serta bermanfaat bagi para atlet dan pelatih.

"Kabupaten Bekasi adalah salah satu Kabupaten yang memang atletnya komplit multitalenta, multi ilmu pengetahuan mengenai dasar olahraga, baik dari sisi pembinaan atlet maupun dari sisi penanganan cedera, maupun dari sisi peningkatan prestasi olahraga,"  tandasnya.

Reporter : Andre M. Jafar/Reza

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Jaring Pejudo Muda, PJSI Kabupaten Bekasi Kukuhkan Tiga Klub
OLAH RAGA   Apr 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Berikan Bonus Atlet Popda, Popnas, Peparpeda dan Fornas 2023
OLAH RAGA   Mar 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Matangkan Persiapan Hadapi Popwilda Jabar 2024
OLAH RAGA   Mar 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
206 Atlet Usia Dini, Ramaikan Festival Shorinji Kempo Kids 2024
OLAH RAGA   Mar 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Persiapan PON XXI Aceh – Sumut, Kabupaten Bekasi Menjadi Lokasi Pelatda Atlet Jabar
OLAH RAGA   Mar 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik