Selasa, 07 Desember 2021

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi bersama Gapoktan Tanam Serempak Benih Kacang Hijau

EKONOMI   Jun 15, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 891 Kali


17IMG_20210615_214444.jpg


BOJONGMANGU - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi bersama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bersama Kita Maju, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu melakukan giat tanam serempak benih kacang hijau pada lahan pertanian yang telah melewati masa panen padi.

"Tanam serempak benih kacang hijau bertujuan untuk menambah produktivitas hasil tani selain padi, targetnya adalah 50 hektar lahan pertanian yang telah melewati masa panen padi mengingat Bojongmangu sangat cocok untuk tanaman kacang hijau," ucap Eem Embang Lesmanasari, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Selasa (15/06/21).

Eem mengatakan, benih kacang hijau didapat dari bantuan Kementerian Pertanian dan tugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi adalah mendukung petani dan kelompok tani memenuhi kebutuhannya.

"Kita akan support melalui distribusi pupuk dan pestisida. Selain itu, Dinas Pertanian akan membantu dalam hal pemasarannya. Kita lihat nanti setelah 2 bulan dimana kacang hijau memasuki masa panen, semoga hasilnya maksimal dan petani menjadi lebih makmur," katanya.

Dodo selaku Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan, menjelaskan bahwa tanam serempak kacang hijau ini menjadi solusi untuk meningkatkan tambahan sumber daya pangan sambil menunggu musim tanam padi tiba.

"Jadi intinya kegiatan ini adalah pemanfaatan lahan pertanian yang ada di Bojongmangu. Sebab jika musim kemarau tiba, padi tidak bisa ditanam, oleh sebab itu solusinya adalah penanaman palawija untuk menambah produktivitas petani," jelasnya.

Mai Fitria, Kepala Seksi Perlindungan Tanaman menambahkan, Dinas Pertanian akan terus memantau perkembangan dari pertumbuhan tanaman kacang hijau bersama dengan kelompok tani guna memastikan tidak terjadinya serangan hama yang dapat menggangu kualitas hasil panen.

"Kita akan terus bekerjasama dengan para kelompok tani, Dinas Pertanian pun telah menyiapkan pestisida sebagai tindakan antisipasi serangan hama dan penyakit dimana hal itu merupakan langkah pengendalian," tambahnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor.     : Tata Jaelani

Berita Lainnya

UMKM Bojongmangu Mengubah Tanaman Bambu Menjadi Karya Seni Bernilai Ekonomi
EKONOMI   Dec 7, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
CCEP Indonesia Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Lidah Buaya untuk Warga Sekitar Pabrik
EKONOMI   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
UMK Kabupaten Bekasi 2022 Diusulkan Naik 5,5 Persen
EKONOMI   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Perikanan Gelar Bazar Kuliner Olahan Ikan
EKONOMI   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bank BJB Dukung Pemkab Bekasi Majukan UMKM
EKONOMI   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik